Advertisements

Visit Korea: Myeong-dong Street

Visit Korea: Myeong-dong Street
Bulan Februari masih termasuk winter di Korea, winter akhir lah. Suhu berkisar antara -8 sampai 6. Area Myeong-dong ini menurut gw lebih dingin dibanding area di sekitar Seoul Station tempat guess house kita. Apalagi angin di area Myeong-dong ini cukup dahsyat, semakin malem semakin dingin. Pernah satu kali dateng ke Myeong-dong pas lagi dingin-dinginnya, ampe tuh jalan agak sepi, jarang orang yang lalu-lalang padahal biasanya rame banget. Kalo udah gak kuat sama anginnya, kita langsung cari toko kosmetik untuk sekedar menghangatkan badan sambil lihat-lihat barang yang dijual.

Akhir bulan Februari 2016 lalu, saya berempat dengan teman-teman waktu kursus Bahasa Inggris di LBI melakukan trip backpacker ke Korea Selatan. Dari sekian banyak lokasi yang kita kunjungi, entah kenapa Myeong-dong adalah lokasi yang paling berkesan buat saya.
Myeong-dong merupakan salah satu kawasan belanja terkenal di Korea Selatan. Ketika kita keluar Stasiun Myeong-dong, itu sudah terlihat ramainya kawasan tersebut. Banyak tourist lokal maupun internasional, restaurants, toko-toko kosmetik dengan brand yang sangat bervariasi, street foods, dan banyak lainnya.
Bulan Februari masih termasuk winter di Korea, winter akhir lah. Suhu berkisar antara -8 sampai 6. Area Myeong-dong ini menurut gw lebih dingin dibanding area di sekitar Seoul Station tempat guess house kita. Apalagi angin di area Myeong-dong ini cukup dahsyat, semakin malem semakin dingin. Pernah satu kali dateng ke Myeong-dong pas lagi dingin-dinginnya, ampe tuh jalan agak sepi, jarang orang yang lalu-lalang padahal biasanya rame banget. Kalo udah gak kuat sama anginnya, kita langsung cari toko kosmetik untuk sekedar menghangatkan badan sambil lihat-lihat barang yang dijual.
Nah ini dia Myeong-dong Street
13
Myeong-dong Street
Foto diambil dengan menggunakan kamera iPhone 5s, doc. pribadi
Ya seperti foto diataslah gambaran Myeong-dong saat kita keluar dari stasiun dan bergerak masuk ke area ini. Terlihat toko kosmetik, restaurants, street food dan orang berlalu-lalang di area ini. Lokasinya enak banget menurut gw buat jalan-jalan sambil lihat-lihat sekitar. Ah rasanya kangen tempat ini lagi. Bahkan dalam seminggu waktu trip di Korea Selatan, kita sampai 3 hari mengunjungi area ini dan masih kurang puas juga. Nagiih banget deh pokoknya! Apalagi buat kita-kita yang doyan makan, doyan jajan, dan doyan belanja kosmetik *eh.
26
Foto doc. pribadi
1. Street Food
Buat kamu-kamu yang suka jajan, mulai dari sore hingga malam hari Myeong Dong penuh dengan aneka street foods yang benar-benar menggoda. Ngomong-ngomong soal makanan, di Korea Selatan cukup susah mencari makanan yang memiliki label halal. Alhasil, kita berusaha mencari makanan dengan meminimalisir sebisa mungkin yang tidak ada kaitannya sama pork. Untuk street foods saya nyoba makanan yang berbahan dasar ikan, sayur atau buah. Nah jika anda penyuka gorengan maka cobalah cari penjual yang menjual gorengan tidak bersamaan dengan menjual pork atau sejenisnya. Pilih penjual yang dia hanya menjual semacam bakwan, ubi goreng atau pisang goreng. Jadi bisa meminimalisir ketakutan kita kalau-kalau minyak dan wajannya dipakai buat memasak pork juga.

This slideshow requires JavaScript.

Jangan salah di Korea Selatan juga banyak gorengan lho. Waktu itu kita nyobain ubi goreng, pisang, dan semacam bakwan. Enak! Bahkan saking dinginnya udara waktu itu, kita ga nyadar kalo gorengan yang kita makan itu panas banget dan baru berasa beberapa jam kemudian.
Odeng juga bisa jadi pilihan menarik untuk menghangatkan badan saat winter hehehe
2. Belanja Kosmetik
Myeong-dong adalah surga dunia bagi kamu pencinta kosmetik. Salah satu teman saya pun ada yang belanja habis-habisan disini, tapi ternyata karena titipan hehehe. Saya pun ada titipan dari teman yang membeli lipstick 3 Concept Eye dan Skin Food powder. Untuk Skin food banyak terdapat di sekitaran Myeong-dong Street, tapi untuk 3 Concept Eye dia agak eksklusif. 3CE cuma punya beberapa cabang dan di area Myeong-dong cuma ada di Lotte Young Plaza (Dari tourist information center Myeong-dong udah keliatan gedungnya, keluar dari Myeong-dong street foods yang ramai itu dan nyebrang jalanan besar).
IMG_8058
Sambil nunggu temen-temen gw belanja kosmetik, gw beli Strawberry, ini enak banget, maniisss
Nah selama di Myeong-dong kamu bisa memanfaatkan kesempatan seperti, nyobain kosmetik gratis dan ngumpulin masker hehehe. Cara penjual kosmetik di Korea Selatan untuk menarik pembeli mengunjungi tokonya adalah dengan memberi masker gratis. Nah kalo kamu punya banyak waktu lumayan Β tuh 3-5 toko dapetlah, kalo gak males tapi ya hehehe. Masker juga bisa dijadiin oleh-oleh andalan bagi orang-orang yang ke Korea. Harganya disini bervariasi, jadi jangan langsung kalap nemu satu toko langsung beli. Soalnya ntar jalan agak kesana dikit nemu yang lebih murah, tentunya dengan merk yang berbeda. Kalau mau yang lebih murah lagi di subway-subway. Mereka biasanya menjual dengan harga yang lebih murah.
Di Korea Selatan, gak semua orang bisa bahasa Inggris. Pengalaman gw kemarin agak susah nemu yang bisa diajak ngomong. Selama disana, bahasa tubuh adalah alat komunikasi yang paling mujarab deh kalo kalian ngetrip kaya gw yang ga bisa bahasa Korea sama sekali hahaha. Kalo belanja atau beli kosmetik mending sekalian dicatet atau di list beserta jenis atau variannya. Pas masuk toko tinggal ditunjukin aja beli ini itu. Ntar penjualnya udah paham dan langsung diambilin.
3. Yoogane Restaurant
Mungkin bisa dibilang ini tempat favorit kami selama disana. Kita makan di restaurant ini sampe tiga kali. Tiap ke Myeong-dong selalu mampir hehehe. Harganya menurut gw standar apalagi kalo kita ga sendirian, cocok buat patungan karena porsinya yang aduhai dan enak. Ini salah satu menu yang pernah kita beli selama disana. Namanya Marinated Chicken Galbi Fried Rice
Pas makanan sedang dihidangkan, saya coba merekamnya dengan handphone. Makanan ini berasa enak banget apalagi kalau laper, dan udara dingin banget. Bahkan bakal ga berasa tuh kita makanan makanan yang masih panas begitu hahaha
Β 
Kalo yang ini Bean Sprouts Chicken Galbi with Extra Cheese. Menu ini lebih banyak ke sayur-sayuran, apalagi toge nya banyak banget. Menurut gw masih enak yang chicken galbi fried rice. Bean sprouts rasa togenya kuat banget, jadi agak gimana gitu, bikin cepet bosen.
IMG_7803
Β Menu beserta harga Yoogane Restaurant
Oke, segini dulu deh gw curhat soal Koreanya. Ntar gw tambah dengan hal-hal lain yang bikin gw kangen ama Korea. Meskipun gw bukan penggemar Korea bahkan gw ga tahu artis Korea tahunya cuma SNSD dan drama Korea pun gw ga tahu selain full house, so far mengunjungi Korea sangat berkesan buat gw, apalagi akhirnya impian gw ngerasain winter and salju tercapai pas disana πŸ™‚
Aaaah Myeong-dong bikin gw kangen T.T
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: