Pavel Durov, CEO Telegram & Mark Zuckerber Versi Rusia

Karena kesuksesannya bergelut di dunia sosial media, Pavel Durov sering disebut sebagai Mark Zuckberberg versi Rusia. Dibalik kesuksesannya itu, ternyata ia juga pernah dipaksa untuk keluar dari perusahaan yang ia bangun. Sekarang, ia mengembangkan aplikasi baru, Telegram Messenger yang memiliki sekitar 100 juta  pengguna. Durov juga terkenal akan lifestyle-nya yang unik: ia hanya mengenakan pakaian serba hitam, dan ia melakukan perjalan secara terus-menerus di seluruh dunia. Terkadang, ia bersama karyawannya membuang uang begitu saja dalam jumlah  yang fantastis dari jendela kantornya.

Saya mengenal sosial media VK (vk.com atau VKontakte) sekitar tahun 2015 lalu. Tepatnya ketika saya, yang memang hobi download ebook sana-sini (terutama ebook yang susah dicari di google secara biasa karena banyak web spam dan isinya kosong), menemukan link download ebook TOEFL, IELTS dan Buku-buku yang dijual di amazon di vk.

Awalnya saya tidak peduli apa itu vk.com, karena yang saya perlukan saat itu adalah menemukan link download, download dan simpan, selesai. Meskipun wesbite tersebut terasa asing, yang ada dibenak saya adalah, website Rusia, itu saja.

Tapi lama-kelamaan saya perlu membuat akun di vk ini untuk mencari majalah seperti The New Yorker, Times, Economist, GMAT book, GRE book dan lain-lain. Akhirnya saya mencari tahu akun sosial media ini. Dan memang sosial media vk ini sangat membantu karena banyak akun yang menyediakan downloadable ebook yang banyak saya butuhkan dan tidak saya temukan di website atau blog lain seperti gen.lib.rus.ec.

Nah bagi teman-teman yang pernah mencoba menggunakan sosial media vk maupun Telegram Messenger tentunya tidak asing lagi dengan nama Pavel Durov, sang pendiri jejaring sosial tersebut. Namanya pernah heboh di dunia media. Mengapa? Sebab tokoh Pavel Durov disebut-sebut sebagai Mark Zuckerberg versi Rusia.

Lho kok Bisa? Saya juga penasaran ketika membaca artikel dari Forbes yang menyebut Pavel Durov sebagai Mark versi Rusia, apalagi melihat wajahnya yang menawan, saya pun tidak tinggal diam dan insting saya untuk browsing dan kepo langsung jalan. Mari kita telusuri lebih jauh, siapa sih Pavel Durov ini?

Biografi Pavel Durov


Nama: Pavel Durov

Tempat Tanggal Lahir: Saint Petersburg, Russia, 10 Oktober 1984

Kewarganegaraan: Saint Kitts and Nevis

Almamater: Saint Petersburg State University

Jurusan: Filologi

Pekerjaan: Entrepreneur (2006 – Sekarang)

Terkenal Karena: Sosial Media VK (didirikan tahun 2006) dan Telegram Messenger (didirikan tahun 2013)

Kekayaan: $ 600 juta (sekitar 8 trilliun rupiah) menurut The Moscow Times

Tinggi Badan: 176 cm

Akun Social Media Pavel Durov

VK: https://vk.com/durov

Facebook: https://www.facebook.com/durov?_rdr

Twitter: https://twitter.com/durov

Instagram: https://www.instagram.com/durov/

Pavel Durov lahir di Leningrad (Sekarang: Saint Petersburg) pada tanggal 10 Oktober 1984. Pavel Durov banyak menghabiskan masa kecilnya di Turin, Italia, mengikuti sang ayah yang bekerja disana. Ia menghabiskan masa sekolah dasarnya di Italia sebelum akhirnya ia masuk ke Academy Gymnasium di St. Petersburg pada tahun 2001.

Tahun 2006, ia kuliah di Saint Petersburg State University di jurusan Filologi. Apa itu jurusan Filologi? Filologi adalah ilmu yang mempelajari bahasa dalam sumber-sumber sejarah yang ditulis, yang merupakan kombinasi dari kritik sastra, sejarah, dan linguistik.

Durov mulai mendirikan VKontakte yang kemudian lebih dikenal dengan nama VK pada tahun 2006. Jejaring sosial terbesar di Eropa itu mampu menjaring 350 juta pengguna. Gagasan tersebut berasal dari berkembangnya sosial media Facebook yang didirikan Mark Zuckerberg. Seiring waktu, VK yang ia dirikan dan kembangkan bersama saudaranya, Nikolai Durov, berkembang pesat hingga bernilai $ 3 billion (sekitar 40,237 milyar rupiah).

Pavel Durov kuliah di Jurusan Filologi, terus darimana dia bisa belajar coding?


Pavel Durov belajar coding dan programming dari kakaknya, Nikolai Durov, seorang ahli matematika yang memiliki kemampuan jenius di bidang komputer. Pavel Durov belajar coding sejak kecil. Di usia 11 tahun, Durov sudah mampu membuat games version dia sendiri.

Saat masih sekolah, keterampilan codingnya sebagai pemula ia gunakan untuk meretas jaringan komputer sekolah. Ia mengubah ucapan selamat datang menjadi “must die” di samping foto guru yang paling tidak disukainya. Sekolah membalas perbuatannya dengan memotong akses ke jaringan. Tapi Pavel selalu bisa memecahkan password barunya setiap saat.

Perjuangan Bisnis VK Hingga Diambil Alih Pemerintah Rusia


Pada tahun 2011 Pavel Durov terlibat dalam pertikaian dengan tim polisi di luar rumahnya di St. Petersburg setelah pemerintah meminta penghapusan halaman politisi oposisi, setelah pemilihan parlemen yang kontroversial.

Pada bulan Desember tahun 2013, Durov seolah-olah dipaksa untuk menjual 12% saham VK ke Ivan Tavrin, pemilik utama perusahaan internet Rusia, Mail.ru, yang secara bertahap kemudian menjualnya 52% kepemilikan mayoritas VK ke Mail.ru. Pada tahun 2014, Mail.ru membeli seluruh saham yang tersisa, sehingga ia menjadi pemilik tunggal VK.

Pada tanggal 1 April 2014, Durov mengajukan pengunduran diri. Pada awalnya, pengunduran dirinya diyakini ada kaitannya dengan krisis Ukraina yang dimulai pada bulan Februari. Namun, pada tanggal 3 April 2014, Durov sendiri mengaku itu adalah candaan April Mop.

Pada tanggal 16 April 2014, Durov menolak untuk menyerahkan data pengunjuk rasa Ukraina ke badan keamanan Rusia dan memblokir halaman Alexei Navalny di VK.

Pada tanggal 21 April 2014, Durov dipecat sebagai CEO VK. Perusahaan ini mengklaim hal itu didasarkan pada surat pengunduran diri sebulan sebelumnya. Durov kemudian mengklaim perusahaan telah secara efektif diambil alih oleh sekutu Vladimir Putin. Durov kemudian meninggalkan Rusia dan menyatakan bahwa ia “tidak ada rencana untuk kembali” ke Rusia dan bahwa “negara (Rusia) tidaklah cocok untuk mengembangkan bisnis internet pada saat ini”.

Pavel Durov vs Mark Zuckerberg


0516_FL-mark-zuckerberg-pavel-durov_2000x1065-1200x639

Foto-foto Pavel Durov, CEO dan Pendiri Vk.com dan Telegram


A post shared by Pavel Durov (@durov) on

 

A post shared by Pavel Durov (@durov) on

 

A post shared by Pavel Durov (@durov) on

 

🎉🎊 Celebrating Telegram's second birthday today #telegram

A post shared by Pavel Durov (@durov) on

 

Dia benar-benar suka memakai baju hitam kan? Antara Mark Zuckerberg dan Pavel Durov sama-sama cerdas dan unik. Kalau kamu lebih suka yang mana, Mark atau Pavel?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s