Bolehkah Mendaftar Leapforce, Lionbridge, dan Appen Secara Bersamaan?

Jika ditanya, boleh tidak mendaftar sekaligus ke ketiga perusahaan yang menawarkan kerja online tersebut, tentu saja jawabannya boleh banget, tapiii….

Setelah saya memposting pengalaman saya bekerja secara online sebagai Search Engine Evaluator, Leapforce, Peluang Kerja Online Professional yang Menggiurkan, beberapa teman saya ada yang menanyakan, ‘Apakah boleh mendaftar Leapforce, Lionbridge dan Appen sekaligus?’

Secara umum, boleh-boleh saja kamu mendaftar ke semua perusahaan penyedia kerja online tersebut sekaligus. Itung-itung memperbesar peluang, dimana kamu keterima disitu kamu bisa kerja, ya kan?

Sayangnya, kamu perlu ingat bahwa dalam dunia rater dan kerja online, perusahaan cenderung untuk tidak merekrut orang yang sama dalam perusahaan yang berbeda untuk mengerjakan project pekerjaan yang sama, nah lho maksudnya gimana tuh?

Appen (Appen Buttler Hill) dan iSoftStone menyediakan jasa search engine evaluator untuk Microsoft.

Sedangkan, Leapforce dan Lionbridge menyediakan jasa search engine evalutor untuk Google.

Intinya, kamu tidak boleh bekerja di perusahaan yang mengerjakan project yang sama pada waktu yang bersamaan. Kamu tidak diperbolehkan bekerja di Leapforce dan Lionbridge secara bersamaan karena mereka sama-sama mengerjakan project Search Engine Evaluation untuk Google. Sama halnya dengan Appen dan iSoftStone karena mereka sama-sama mengerjakan project Search Engine Evaluation untuk Bing, Search Engine dari Microsoft.

Kalau pun ternyata kamu lulus di keduanya (meskipun jarang terjadi), mereka akan dengan cepat menemukan fakta bahwa kamu bekerja di dua project yang sama. Sebagai konsekuensinya, kamu akan diberhentikan dari kontrak pekerjaan.

Lalu baiknya gimana?

Jika kamu ingin memperbesar peluang, silakan saja kalau mau daftar di semua perusahaan tersebut secara bersamaan. Tapiii…, kamu tidak boleh ngarep akan diterima di perusahaan yang mengerjakan project yang sama. Misalnya kamu ingin bekerja di Leapforce dan Lionbridge supaya penghasilan kamu makin besar, itu tidak bisa! Kamu hanya akan diijinkan untuk bekerja di salah satunya.

Kamu boleh bekerja di semua perusahaan tersebut dalam waktu yang berbeda. Misalnya tahun 2015 kamu bekerja di Leapforce, kemudian kontrak kamu tidak diperpanjang maka kamu boleh mendaftar di perusahaan lain dan memiliki kemungkinan yang sama untuk lulus dan diterima.

Apakah ujian kualifikasi mereka juga sama?

Yap, waktu itu saya ujian Leapforce dan teman saya ujian Lionbridge, materi Guideline dan bahkan soal ujian kualifikasinya pun sama, terutama untuk ujian kualifikasi tahap 1. Tapi untuk soal ujian kualifikasi tahap 2 dan 3 secara konsep sama namun variasi berbeda. Mengapa? Karena biasanya, problem atau case yang akan dijadikan soal untuk diberi penilaian rating pada saat ujian kualifikasi tahap 2 dan 3 cenderung fresh dan sering di update.

Apakah kamu tertarik? berikut link untuk mendaftar di perusahaan-perusahan penyedia kerja online tersebut:

1). Leapforce: https://www.leapforceathome.com

Link Leapforce jobs in Indonesia: https://www.leapforceathome.com/qrp/public/job/44

Screen Shot 2016-06-06 at 8.07.28 AM

2). Lionbridge: http://www.lionbridge.com

Screen Shot 2016-06-06 at 8.04.53 AM

Sayangnya beberapa hari yang lalu saya dapat kabar di Forum kalau Lionbridge sedang tidak menerima rater dari Indonesia. Untuk wilayah Asia, Lionbridge hanya menerima dari China dan Jepang.

3). Appen: http://appen.com

Link Appen jobs in Indonesia: https://erec.appen.com/sap/bc/webdynpro/sap/hrrcf_a_unreg_job_search?sap-client=300#

Screen Shot 2016-06-06 at 8.02.42 AM

 

4). iSoftStone: https://issworld.isoftstone.com/en-us/home.aspx

Link iSoftStone jobs in Indonesia: https://issworld.isoftstone.com/CrowdJobListings/tabid/103/searchKeyword/null/searchCategory/0/searchPositionType/0/searchLocation/Indonesia/language/en-US/Default.aspx

 

Screen Shot 2016-06-06 at 7.46.20 AM

Selamat mencoba!

 


If you have a question related to my post, please leave a comment through my blog posts. I don’t feel comfortable for being contacted via private message in my social media. I am so sorry but thank you so much for being my valued reader 🙂


 

 

 

43 thoughts on “Bolehkah Mendaftar Leapforce, Lionbridge, dan Appen Secara Bersamaan?

  1. Kalo daftar untuk yng leapforce dan 1 lagi yang untuk Bing apa bisa?

    Like

    1. sayang sekali kalo untuk itu, saya tidak bisa. Pemahaman untuk teorinya itu penting, kalopun dikasih jawaban, nanti pas kerja belum paham, akan ngaruh ke penilaian kerja dan kontrak kerjanya. Jadi tetap semangat jika masih mau mencoba! 🙂

      Like

  2. Kalau pas daftar di Lionbridge di pilihan pendidikan itu cuman yang kuliah semua ya, yang SMA aja kaya saya ga bisa daftar donk? hehe

    Di leapforce bisa, apa di lionbridge dan appen minimal harus college education untuk diterima? Mohon info.

    Like

  3. Halo kak,
    Saya sudah daftar sejak bulan April dan sudah ikut tesnya, dari email yg saya dapat sebelumnya masih belum ada Proyek dan akan dihubungi Jika nanti ada Proyek, Apakah memang gt sistemnya kak?
    Oh ya saya Juha dapat email seperti di atas

    Like

  4. besok ujian leapforce sama lionbridge bersamaan hehehe lionbridge ujian yg kedua, yp pertama gagal di tahap 1 (tips dan trik dong) yg leapforce baru pertama kali. Appen tgl 16 join jd social media evaluator. wismilak kak

    Like

  5. kemarin udah sign contract dengan Appen, kalo mau daftar buat leapforce juga berarti bisa ya? Appen ngga bisa barengannya sama Isoftstone. bener ngga ya pemahaman saya?

    Like

  6. Mbak mau nanya nih, saya kan ini udah dalam tahap banking enrollment ya di leapforce, nah disitu kan ada pilihan buat ngasih keterangan ttg Beneficiary type sama Residential status.. Nah itu cuma di pilih aja apa perlu di jelasin juga ya?

    Like

  7. assalamualikum mbak Aniatul Hidayah,

    salam kenal ya..
    saya mau nanya nih, butuh masukan dari yang sudah berpengalaman di kerjaan ini.
    1) sy sudah mulai kerja di APPEN start produksi tgl 10 januari 2017 sebagai media sosial evaluator di falcon feed project. setelah 3 minggu kerja ada pemberitahuan bahwa user meminta saya dipindahkan ke project lain dg nama SRP project. pertanyaannya; apakah penyababnya saya dipindahkan? apakah kerjaan saya kurang bagus atau bagaiman? mohon sarannya??

    2). 2 hari belakangan ini saya selalu mendapatkan pesan There are currently no items for review. The items will appear once they are ready setiap akan memulai pekerjaan sehingga mengurangi produktifitas kerja sy. mohon masukannya apakah ada jam2 khusus saat kerja di appen sehingga tidak kehabisan task ???

    3). tgl 3 februari saya mendapatkan informasi diterima bekerja di Leapforce , trucke project. menunggu sign agreement yang akan dikirimkan. apakah boleh saya bekrja di appen & leapforce bersamaan?

    Mohon masukannya,

    terimakasih, wassalam
    zakky hanafi

    Like

    1. Hi Zakky, saya coba jawab sepengetahuan saya ya karena saya juga bukan karyawan mereka,
      1. Kalau soal alasan dipindahkan kenapa saya juga kurang tahu karena itu wewenang mereka, waktu saya kerja di Appen dulu sempet juga pindah dari FRT ke SRT, tapi itu memang karena untuk perbaikan tools supaya lebih mudah.
      2. Kalau di Appen itu beda dengan di Leapforce yang first come first serve, kalo di Appen biasanya sudah dijatah, apalagi untuk Sosmed, tiap rater udah dapet jatah ratingnya masing-masing. Seperti yg project instagram sekarang juga sudah dapat jatah masing2 satu jam.
      3. Selama ga ketahuan kekna ga masalah, terutama jika projectnya berbeda itu gapapa, tapi kalo projectnya sama, siap siap aja sewaktu waktu mereka bisa nyabut kontraknya

      Like

  8. mba ani, salam

    mba saya masuk kriteria di leapforce (YUKON) dan lionbridge (Online Maps Quality Analyst), di LP saya nunggu examnya, dan di lion sudah ketrima, kan LB sama LP sama sama melayani google nih mba, bisa ga saya kerja bersamaan? beda project sih. mohon pendapatnya ya mba.

    terimakasih

    Like

  9. Halo, Salam kenal..
    Sekarang saya sudah beberapa bulan kerja di LionBridge. Saya mau daftar di Appen.
    Dari pihak merekanya apakah itu diperbolehkan mendaftar dan bekerja di dua perusahaan ini?
    Dari pihak kita yang mengerjakan, apakah ada konsekuensi kesulitan tertentu pada waktu mengerjakan tugas2nya?
    Terima kasih atas pencerahannya.
    Website dan review anda sangat membantu 🙂

    Like

    1. Hi Putri, kalo di LB dan Appen sepertinya ga masalah, karena saya juga mengerjakan project di LF dan Appen, kalau mau ambil 2 project ambil yang salah satunya jangan terlalu strict biar bisa ngatur waktu dengan kata lain salah satunya sebagai pelengkap saja

      Like

      1. Hai Ani.. terima kasih atas info-nya yaa..
        Ngga papa kan kalo daftar pake email yang sama (dengan yg dipake di LB) ?
        Atau mending pake email yang berbeda?
        Thank you..

        Like

      2. Hi Ani..
        Yang di LB aku di posisi Web Search Evaluator, aku udah kerja dari Desember 2016 sih. Yang Appen baru daftar aja, buat Social Media Evaluator. Mendingan pake email yang berbeda ya? Waktu kerja jadi riweuh ngga sih?

        Trus, kalo ditanya di Appen apakah sudah pernah bekerja di bidang ini, mending bilang belum aja ya ? (secara sebenernya project-nya juga beda).
        Makasih yaa Ani..

        Like

  10. Mau tanya, klo kerja seperti ini dibayarnya berapa sih per jam atau per jobnya? Apakah besaran ratenya sama atau beda-beda di setiap perusahaan?Makasih

    Like

      1. Terima kasih atas jawabannya, Mbak. Lalu apa benar itu jobnya bisa ada 20 jam per minggu? Di antara ketiga yg disebutkan di atas, menurut pengalaman perusahaan mana yang overall paling enak? Makasih.

        Like

      2. kalo jobs lagi banyak, 20 jam sehari juga bisa kalo kuat, itu kalo di LF, di LF itu kerja ga ada batasan kalo udah status unrestricted, kalo Lionbridge dy ada batasan jam nya perminggu (ratenya memang lebih besar) cuma jika dibanding LF yg kerjanya unlimited, gajinya bisa jauh gedean LF, kalo Appen dulu enak ratenya $7 tapi skrg sepertinya menurun jadi $5

        Like

  11. Halo, aku uda sign leapforce dari 2 Februari, trs katanya masih di review dan tinggal tunggu instruksi assessment tp smp skg blm dpt balesan lagi, mmg prosedur tunggunnya lama atau mmg sy gk jadi diterima ya? lol.. mungkin ada yg bernasib sama?
    Trs ak juga apply ke APPEN dr akhir februari smp sekarang blm ada balasan, itu kan openingnya ada beberapa daerah ya, apa itu harus sesuai dgn tmpt tinggal pelamar? krn sy lamar yg jakarta dan tinggal di luar jakarta.. hikss..

    Like

  12. Halo, aku uda sign leapforce dari 2 Februari, trs katanya masih di review dan tinggal tunggu instruksi assessment tp smp skg blm dpt balesan lagi, mmg prosedur tunggunnya lama atau mmg sy gk jadi diterima ya? lol.. mungkin ada yg bernasib sama??
    Trs ak juga apply ke APPEN dr akhir februari smp sekarang blm ada balasan, itu kan openingnya ada beberapa daerah ya, apa itu harus sesuai dgn tmpt tinggal pelamar? krn sy lamar yg jakarta dan tinggal di luar jakarta.. hikss…

    Like

      1. Tengkyu mbak Ani, maap ngepost dua kali soalnya kmrn kok kyk blm keluar.. hehe.. aammiiinnn smg keterimaa..

        Like

  13. hai mba Ani,
    saya udah diterima di Lf kemarin utk proj Yukon, saya mau tanya mba untuk kita naik level gimana ya mba, apa yg mesti kita kerjakan biar naik level? trs apakah di LF ada review minguan dan bulanan utk tugas yg telah kita kerja kan nanti?, dan kalau Nilai kita kecil apakah kita akan di keluarkan langsung oleh pihak LF mba…karena kan kita baru masuk dan dalam tahap belajar.
    Terimakasih

    Like

    1. 1. Coba klik status levelnya, disitu ada banyak penjelasan, salah satunya supaya naik level harus perbanyak ngerjain simulator. Kalau mau sampe unrestricted harus nunggu review
      2. Iya ada review bulanan, kalo masih newbie dimaklumi tapi kalo seperti itu terus, kontrak akan diputus

      Like

    1. tergantung mbak maunya per bulan, per 2 bulan 🙂 , Gaji dibayar setelah vendor (rater) submit invoice. nanti masuk dananya sekitar H+20, misalkan submit tanggal 1 biasanya sebelum tanggal 20 sudah masuk

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s