Advertisements

6 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar Leapforce!

young-791849_1920

A: Eh gimana udah jadi daftar Leapforce?

B: Udah ka, udah dapet jadwal ujiannya malah.

A: Syukurlah, kapan jadwalnya?

B: Tanggal 9 – 16 Juni ka.

A: Terus rencana kamu ujian kapan?

B: Kekna tanggal 15 Juni ka, soalnya tanggal 16 Juninya aku ada acara.

A: Haaa tanggal 15? *gue syok dan hampir pingsan.

Waah… kekna ada bagian yang kamu belum paham nih!

Mungkin setelah kamu membaca postingan saya sebelumnya, Leapforce, Peluang Kerja Online Professional yang Menggiurkan, kamu begitu tertarik dan dengan sangat gesit  langsung menuju website Leapforce untuk mendaftar. Bahkan kamu tidak tanggung-tanggung mendaftar ke semua perusahaan yang menawarkan kerja online seperti Appen, Lionbridge dan iSoftStone. Bolehkah mendaftar Leapforce, Lionbridge, dan Appen secara bersamaan?

Sebelum kamu mendaftar Leapforce akan lebih baik jika kamu cari tahu sebanyak-banyaknya agar kamu memahami bagaimana proses kualifikasi menjadi search engine evaluator di Leapforce. Berikut saya akan share beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum mendaftar Leapforce, dengan begitu kamu akan lebih siap dengan proses kualifikasi selanjutnya.

Setelah mendaftar, kapan saya akan mendapat respons untuk mengikuti ujian kualifikasi? 

Ujian kualifikasi biasanya dijadwalkan tidak jauh dari waktu kamu daftar. Misalnya, kamu daftar tanggal 6 Juni 2016, biasanya tanggal 6 atau 7 kamu sudah mendapat respons dan jadwal ujian kualifikasi. Jadwal ujian kualifikasi biasanya akan mulai 1 atau dua hari setelah tanggal notifikasi melalui email. Detail penjelasannya kurang lebih begini:

Melakukan pendaftaran Leapforce: 6 Juni 2016

Email pemberitahuan berkas pendaftaran masuk dll: 6-7 Juni 2016

Email pemberitahuan tanggal jadwal ujian kualifikasi: 8 Juni 2016

Tanggal Ujian kualifikasi : 9 – 16 Juni 2016

*Tanggal-tanggal di atas adalah prediksi untuk menggambarkan bahwa jadwal ujian biasanya tidak jauh dari tanggal kamu daftar. Begitu dekatnya jadwal ujian dengan jadwal kamu daftar, maka kamu perlu tahu dan setidaknya paham tentang proses kualifikasi Leapforce.

Apakah ujian kualifikasi Leapforce Susah?

Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Susah tidaknya ujian kualifikasi Leapforce itu subjektif dan ditentukan oleh tingkat keseriusan kamu dalam mengikuti ujian. Bagaimana kamu memanfaatkan dengan baik alokasi waktu ujian dan seberapa kuat pemahaman kamu tentang materi yang sudah kamu pelajari dari guideline.

Namun perlu kamu ketahui, bahwa di email notifikasi, Leapforce telah memberikan semacam warning agar kamu lebih mempersiapkan diri.

Screen Shot 2016-06-08 at 9.37.19 PM

Seperti apa materi guideline yang harus saya pelajari?

Materi guideline terdiri dari 146 halaman berbahasa Inggris yang mengupas tuntas tentang konsep, cara penilaian dan contoh penilaian yang harus dilakukan oleh seorang search engine evaluator.

Guideline tidak hanya mencakup penjelasan, tetapi juga menyediakan beberapa link yang harus kamu klik, agar kamu lebih memahami contoh secara nyata.

Apakah ada alokasi waktu untuk mempelari guideline sebelum ujian?

Untuk lebih memahami alokasi waktu yang diberikan, berikut saya berikan contoh email notifikasi ujian Leapforce yang saya terima waktu itu. Mohon maaf untuk beberapa hal yang menyangkut privacy dan copyright harus saya hide.

Screen Shot 2016-06-06 at 9.51.09 PM

Contoh email pemberitahuan jadwal ujian kualifikasi Leapforce

Berdasarkan email tersebut, saya diberikan waktu ujian mulai tanggal 1 April – 8 April. Dengan demikian, alokasi waktu ujian kurang lebih 7 hari. Nah dengan alokasi waktu yang hanya 7 hari, kamu harus bisa mengatur waktunya dengan baik antara waktu belajar dan waktu ujian.

*Perlu diingat, 7 hari adalah waktu gabungan antara kamu belajar guideline dan ujian tiga tahap. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui Strategi Memanfaatkan Alokasi Waktu Ujian Leapforce Secara Efektif dan Efisien.

Saya sudah mendapat tanggal ujian, apakah bisa reschedule?

Tentu saja, di poin ke-4 pada email pemberitahuan tanggal ujian, ada keterangan jika kamu ingin melakukan reschedule. Perlu kamu ingat! bahwa reschedule HANYA BISA DILAKUKAN SEBELUM MASUK TANGGAL UJIAN. Jika kamu baru menyadarinya setelah masuk tanggal ujian, maka tidak bisa dan kamu harus mengikuti jadwal ujian yang telah ditentukan pihak Leapforce.

Screen Shot 2016-06-08 at 10.37.52 PM

Persiapan seperti apa yang harus saya lakukan agar lulus ujian leapforce?

Saat kamu mendapat email notifikasi tanggal ujian Leapforce, kamu sudah memiliki akses untuk membaca Guideline secara online (Guideline pdf dapat kamu download setelah memasuki tanggal ujian). Manfaatkan waktu dengan baik untuk mempelajari guideline.

Secara umum, kamu tidak dituntut untuk bisa memahami (secara perfect) semua isi guideline yang diberikan. Kamu diharapkan bisa memahami konsep yang ada di dalam guideline sehingga pihak Leapforce bisa menilai kamu sebagai search engine evaluator yang potensial.

Mengapa demikian? Sebab, mereka yakin, menjadi search engine evaluator yang handal itu perlu waktu. Tidak bisa hanya dengan waktu seminggu kamu belajar, kamu bisa menguasai semuanya. So, semangatlah dan yakin kamu pasti bisa!

Agar kamu lebih siap, jangan lupa untuk membaca Strategi Memanfaatkan Alokasi Waktu Ujian Leapforce Secara Efektif dan Efisien.

Klik disini untuk mendaftar Leapforce: https://www.leapforceathome.com/


If you have a question related to my post, please leave a comment through my blog posts. I don’t feel comfortable for being contacted via private message in my social media. I am so sorry but thank you so much for being my valued reader 🙂


 

 

 

Advertisements

72 responses

  1. Pingback: Strategi Memanfaatkan Alokasi Waktu Ujian Leapforce Secara Efektif dan Efisien – Gerbang Inspirasi

  2. Pingback: Leapforce, Peluang Kerja Online Professional yang Menggiurkan – Gerbang Inspirasi

  3. Pingback: Mengapa Banyak yang Gagal Ujian Kualifikasi Leapforce? – Gerbang Inspirasi

    • Dulu saya pernah melamar Lionbridge kemudian krn saya dulu ragu jadi saya abaikan, waktu itu saya apply lagi di tolak,

      tapi kalo diitung2, masih untung di Leapforce karena kalo statusnya unrestricted, bisa dapet jauh lebih banyak di banding di Lionbridge yang jam kerjanya terbatas no more than 80 hours/month

      Like

  4. Halo mba, aku mau tanya, setelah mba apply di leapforce balasan dari mereka di email seperti apa ya mba kalau sudah diterima aplikasinya? Thank you

    Like

  5. mbak untuk sekali ujian, kita dikasi waktu berapa jam ya? kalo bahasa inggris kurang lancar menulis, apakah bs pake google translate? saya udah dpt guidelinesnya mau saya pelajari dulu sih sebelum mendaftar.. bagus banget ini blognya sebagai bahan pembelajaran..

    Like

    • terima kasih sudah mampir ke blog saya ya 🙂
      untuk waktu ujiannya usahakan tidak melebihi dari 24 jam, bisa saja asal bisa dimengerti karena nanti kerjanya akan banyak pakai bahasa inggris untuk kolom komentar

      Like

  6. mbak, saya sudah ambil ujiannya nih, dan hasilnya adalaah… gagal.
    ihiks. padahal udah bolak baik tu guideline dan saya merasa mengerti juga cara kerja rater seperti apa.
    ndak tau pula salahnya di mana biar bisa belajar kalo nanti retake lagi.

    Like

  7. Maaf mbak mau tanya.
    Saya baru kemarin daftar, udah ikutin tahapannya dan sekarang sudah bisa ngisi agreement.
    Kok di saya qualification stepnya beda ya sama contoh diatas?
    Tolong diliat mbak http://prntscr.com/dycw7t
    Saya tau pic yang diatas itu mungkin sudah lama jadi ada perbedaan.
    Tapi di qualification step saya ujiannya itu kapan ya? Apa memang sekarang tanpa ujian? Masa gak ada ujian langsung kerja nih?
    Makasih

    Like

    • sekarang processnya agak beda. Yang saya jelaskan di atas adalah untuk project Yukon. Untuk sekarang sepertinya prosesnya dalah pendaftar diterima dulu baru assesmenta per perproject. Check aja di bagian All projectnya, nanti baru disitu ada ujian kualifikasinya

      Like

  8. Pagi mba, aku seneng banget nemu blog ini. berguna banget.
    aku mau tanya mba, aku baru daftar di leapforce minggu lalu, mau tanya jaringan nternet yang dipake apakah harus kabel (indihome, myrepublic, innovate) atau boleh pake nirkabel kayak pakai modem andromax gitu, yg bs dibawa kmn mn? makasih ya mba. aku tunggu jawabnnya.

    Like

  9. Mba, maaf nanya lagi,
    ngerjain ini harus tiap hari kan ya walaupun hanya sejam dua jam, nah aku bisa ngerjain ini cukup log in dr smartphone atau harus dari laptop? kan ribet juga yah kalo hrs bw laptop kmn mn. makasih.

    Like

  10. Thanks infonya sis. baru tahu soal Search Engine Evaluator. Saya juga work at home jadi seo virtual assistant dan freelancer di paltform OneSpace dan upwork. Btw artikel-artikelnya sangat informatif dan di optimisasi dengan baik.

    Like

  11. sangat membantu blognya mbak,
    mbak saya mau tanya?klo kita kerja part time di lionbrigde (LB) atau leapforce (LP) mesti pakai IP sendiri ya, ga bs ip publik, soalnya klo kita pake modem atau andorid kan ip nya Static tu berubah2 apa ga bs ya mbak? soal nya saya pernah daftar ke LP pas dapet portal ujian ga bs masuk, malah dpt email ip cek…terima kasih

    Like

  12. mba, saya mau tanya
    saya sekarang di LF level 3, gimana saya bisa menjadi unrestristed?
    trus saya dapat lowongan untuk daftar di truckee kalo saya belum mau daftar, ada masalah nga? soalny saya masih mau hanya mengerjakan yukon?

    Like

    • status bisa berubah jadi unrestricted kalau nanti sudah ada review, kalau reviewnya bagus otomatis status akan berubah. engga masalah, kalau misal belum siap buat ngerjain truckee juga, ga usah klik qualify dulu, biar fokus satu project dulu

      Like

  13. Mau tanya lagi mbak.
    Saya sudah lolos exam yukon yang part 2, masih ada waktu 3 hari buat kerjain yang part 3nya.
    Ada tips gak mbak buat exam part 3?
    Sama saya masih bingung dengan platform ratingnya.
    Kalau dari guidelines yang dikasih kan keliatannya ada 2 bagian, kiri (L1) dan kanan (R1).
    Maksudnya ada kiri dan kanan itu apa ya mbak?
    Itu dua-duanya dirating aja? Apa maksudnya untuk cari “same as…” dan “dupes of…”?
    Kira-kira ada gak ya yang “same as…” dan “dupes of…” di exam part 3?
    Terima kasih, maaf mbak banyak tanya biar bisa lancar exam terakhirnya. hehe

    Like

  14. Assalamu’alaikum mbak atul. mbak mau tanya ketika kita sudah mendaftar leapforce dan ikut tes sampai 2x tapi gagal terus, apa masih bisa mendaftar di leapforce lagi?

    Like

  15. Aku gagal di exam part 2. Pdhl ud 4hari bc guidelines bolak balik. Sedihnya, ud bharap tinggi bgt padahal. Kyknya ud ngerjain semaksimal mungkin dan…gagal. aku ngerjainnya malam, trus setelah 4task aku click submit and stop rating krn mau take a break dulu. Trus log in lg, ada pilihan continue trus sign out lg krn hrs nemenin tidur si kecil. Trus aku ketiduran , bgn 4jam kemudian, sign in lagi, ud bukan continue lg tulisannya tp acquire if available. Lanjut ngerjain sekitar 3task dan slesai. Ngaruh ga ya sign in sign out during exam? Atau kelamaan waktu ngerjainnya? Aku start part 2 jam 9mlm slesai jam 5pagi. Kepotong 4jam krn tertidur. Atau mgkn mmg am just not qualify. Ah..sedihnya.

    Like

    • semoga dikasih kesempatan kedua mbak, dulu waktu saya ujian juga saya potong-potong untuk shalat, mandi, makan dll, saya ngerjain pagi selesai siang sekitar jam 1an. Jadi kekna bukan soal itu penyebab gagalnya 🙂

      Like

  16. Btw, aku ud lolos truckee project. Ga ad testnya ya?. tau2 ud sign e-contract aggreement, dan work this di tab keterangannya. Instagram based project kyknya ya. Pdhl aku ga terlalu aktif di ig, more like fb person. bikin akun ig nya jg baru pas daftar leapforce project truckee. Ada yg punya pengalaman yg sama? Mb atul makasi ya Alhamdulillah blognya membantu bgt.

    Like

    • Saya juga gak aktif di IG, malah baru install appnya lagi karena Truckee ini.
      Tanpa tes tapi emang kerjaannya gampang sih, malah menurutku kayak survey aja, karena penilaiannya berdasarkan pengalaman kita lihat iklannya sendiri, beda dengan S.A.I.L guidelines yang ada profil usernya.
      Temen-temen yang baru mulai project truckee (dan baru di leapforce) ada grup WAnya, udah masuk grupnya belum mbak?

      Like

      • Kalau kemarin pas bikin grupnya sih awalnya dari di chat truckee.
        Jadi kebanyakan anggotanya ya dari project truckee, tapi gak menutup kemungkinan untuk project lainnya untuk gabung. Karena nama grup WAnya juga dari awal buat “Leapforce Indonesia”.
        Makin rame makin bagus, sekalian buat wadah sharing informasi.
        Kalau mbak atul mau masuk grupnya boleh kok. hehe

        Like

      • Udah mulai belum ya project truckee nya? karena di saya keterangannya dr tgl 13 masih “Thank you for your interest in the Truckee Project. We are currently in the process of slowly adding raters to this new project. Raters will receive a confirmation email once they have been added to the mobile tool.”. waah ad grup WA nya, nmbh teman baru.

        Like

      • @Aniatul Hidayah: Iya mbak, soalnya sekarang ada yang project yukon juga di grupnya. Alhamdulillah saya lolos tesnya, gak sabar pengen cepetan unrestricted.
        @Chun Chun Attamimi: Kalau temen-temen di grup sih ada beberapa orang yang udah bisa mulai Truckee, nanti dapet email kalau udah bisa mulai kerja. Kalau saya sendiri belum mulai, apes sampe sekarang belum masuk jadi rugi $6 tiap harinya dibanding yang udah mulai kerja. Emang harus sabar nunggu masuk ke projectnya.

        Like

  17. hy mb mau tanya, level saya dari unrestristed jadi restristed, maksudnya gimana mba?
    beda unrestristed sama restrited apa ya?

    Like

    • unrestricted boleh mngerjakan task sebanyak banyaknya sekagi masih ada tasknya di raterhub
      kalau restricted nggk bisa,, dibatasi misalkan 1 jam per hari.

      kalau dari unrestricted turun menjadi restricted artinya hasil review anda bulan terakhir jelek, silahkan lihat di tab feedback, atau lihat di email gmailnya, hasil review dikirim ke email setiap akhir bulan

      Like

    • mba nya klik aja di keterangan restricted yang warna hijau itu, ada penjelasannya disitu :), biasanya karena hasil reviewnya menurun, coba cek hasil review bulan terakhir, hasilnya apa, kalau dibawah meet expectation biasanya kena restricted

      Like

  18. ooo gitu ya, saya dapet review yg need meet quality side by side quality itu tentang pilihan yang paling bawah bener nga?

    Like

      • Btw harus hati -hati dalam mengerjakan task task tersebut, kalau berulang dapat review jelek bisa diputus kontak sewaktu-waktu, atau mungkin nggak diperpanjang setelah periode kontrak 6 bulan expired

        Like

  19. Mba tul mau tanya
    arti dari kalimat in :Please Note: We are unable to offer more than one Search Engine Evaluator position per IP address.
    apakah memang harus satu IP address ya? ga boleh berubah2?

    terima kasih

    Like

  20. Selamat malam.
    Mau tanya ka. Akhir maret aku dapet tanggal exam leapforce. Diinfokannya tanggal 3 April mau di kirim guideline. Tapi waktu aku cek email di tanggal tsb ternyata belum ada email masuk dari leapforce. Tgl 4 nya juga begitu. Aku kira aku gagal. Akhir2 ini aku iseng cek email lagi dan ternyata inbox dari leapforce baru masuk setelah aku refresh.
    Otomatis aku ga bisa ikut examnya. Tapi disalah satu inbox leapforce bilang ini “We would like to remind you to shred all instructional materials you might have downloaded and printed from our site. You may have the one-time option to retake the qualification exam. Please check your Gmail address for additional information.”
    Kalau boleh tau, ini maksudnya apa ya ka? Apa aku masih punya kesempatan ikut exam sekali lagi?

    Like

  21. Selamat pagi kak
    Mau nanya nih pendatang baru.
    Kemaren baru daftar, trakhir ngisi form kalo gaksalah ada pilihan advanced/expert dll.
    Abis itu submit, gak ada step buat masukin scan ktp. Apakah emg itu tahap akhir pendaftarannya? Apakah ada yg salah atau emg kudu nunggu buat jadwal ujian dulu baru ngirim scan ktp?
    Dapet.email ini

    We thank all applicants for their interest, however, only those under consideration will be contacted. Please continue to monitor our website and apply for additional opportunities for which you are qualified and may be of interest to you. You will only receive a future email from us if your qualification package has been reviewed and is under consideration.

    Like

    • itu baru proses pendaftaran, nanti kalo sudah ujian dan lulus baru diminta data lebih lanjut. Untuk tahap selanjutnya silakan tunggu email dari mereka dulu (sesuai penjelasan di email mereka)

      Like

  22. Karena lagi ngebet pengen dapet uang tambahan, awalnya masukin keyword di gugel “how to make a 50 dollar a day”, nemu beberapa artikel dan akhirnya saya putuskan bahwa leapforce bukan scam dan doable.

    Trus nyari lagi “kerja di leapforce” dan nyasar ke blog ini hehe. Terima kasih banyak panduannya Mbak.

    Nambahin mbak, Kalo timeline saya seperti ini:
    – Hari Minggu apply,
    – Hari Selasa siang, minggu selanjutnya (9 hari), di minta isi form/sign/document, whatever. saya pikir bakal diminta copy ID/Passport.
    – Selasa, minggu selanjutnya (7 Hari) dapat jadwal exam hari Rabu hari selanjutnya.

    Pengalaman saya, LP bales tiap hari senin(PDT/EST) *disini selasa.

    Buat yang belum dapet balasan seperti timeline yang ada di artikel ini gak perlu gundah gulana, di email yang saya dapat leapforce kebanjiran pendaftar, dan saya diminta untuk sedikit bersabar.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: