Strategi Memanfaatkan Alokasi Waktu Ujian Leapforce Secara Efektif dan Efisien

A: Tul bisa reschedule ga sih?

B: Bisa kok, ada di poin ke empat email notifikasi kalo mau reschedule.

A: Iya, soalnya gw ga bisa tanggal segitu, tapi gw penasaran banget, pengen cepet cepet tahu gw lolos apa ga.

Ada dua hal yang perlu dihindari saat mengikuti ujian Leapforce:

1). Buru-buru

Seperti yang saya jelaskan di postingan 6 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar Leapforce! bahwa alokasi waktu ujian yang diberikan adalah sekitar 7 hari. Jika kamu terlalu terburu-buru karena penasaran lulus atau tidaknya, kamu bisa saja ujian di hari pertama atau kedua, dan jangan kaget ketika kamu melihat hasilnya bahwa kamu tidak lulus ujian kualifikasi.

2). Terlalu santai

Karena melihat guideline yang isinya 146 halaman, berbahasa Inggris dan materinya baru semua, kamu akan merasa hopeless dan perlu berjuang lebih lama. Kayaknya, mau baca-baca dulu deh, ujiannya nanti aja pas deadline. Nah lho, ujiannya ada tiga tahap, kalo kamu mengerjakan semua ujian itu dalam satu hari, bukan cuma stress tapi kamu juga akan mabok.

Terus, baiknya gimana?

Meskipun ujian kualifikasi Leapforce tergolong ujian open book, bukan berarti kamu tidak perlu persiapan. Open bookYa, ujian Leapforce adalah ujian open book. Kamu bisa melihat guideline berkali-kali sembari mengerjakan soal ujian. Eits, tapi jangan terlalu berharap karena meskipun kamu diperbolehkan membuka guideline saat ujian, tapi jawaban tidak akan kamu temukan di dalam guideline itu.

Guideline menjelaskan konsep, cara penilaian dan contoh. Kamu harus memahami semua itu agar kamu bisa mengatasi tricky sentence yang ada di dalam soal ujian. Mengapa? Karena  soal-soal ujian itu menuntut kamu untuk melibatkan perasaan, perasaan yang kalau orang IT cenderung menyebutnya sebagai logika. Namun karena background saya adalah perawat, profesi yang melibatkan kepekaan dan kesensitifan maka saya menyebutnya sebagai perasaan.

Jika kamu memiliki 7 hari yang telah dialokasikan oleh pihak Leapforce, maka kamu bisa membaginya sesuai kemampuan dan kesiapan kamu. Sebagai gambaran berikut saya berikan contohnya:

Hari ke 1: Membaca guideline Part 1 dan part 2

Hari ke 2: Membaca guideline part 3 dan part 4

Hari ke 3: Mengulang membaca guideline dan mengeklik link-link yang tersedia

Hari ke 4: Ujian tahap 1, istirahat sebentar, lanjutkan membaca guideline

Hari ke 5: Mengulang guideline dan Ujian tahap 2

Hari ke 6: Mengulang contoh-contoh yang ada di guideline dan membuka linknya

Hari ke 7: Ujian tahap ke 3, dan tunggu pengumuman

*Catatan: Kamu tidak harus mengikuti contoh ini, kamu bisa memodifikasinya sesuai dengan selera dan kesiapan. Jika kamu merasa belum siap, jangan ragu untuk melakukan reschedule, dengan melakukan reschedule kamu tetap bisa membaca guideline online dan waktu ujian kamu bisa kamu sendiri yang menentukan. Yakinlah, dengan menyusun strategi dan perencanaan waktu ujian, kesiapan kamu akan lebih baik dalam mengikuti ujian kualifikasi.

*Perlu diingat! Semua waktu yang digunakan adalah waktu PST atau PDT (Wilayah California USA sesuai dengan kantor pusat Leapforce). Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyesuaikan waktu kamu di Indonesia dengan waktu disana. Kamu bisa meggunakan:

Time converter:

http://www.thetimezoneconverter.com

atau

http://localtimes.info/difference/

Klik disini untuk mendaftar Leapforce: https://www.leapforceathome.com/


If you have a question related to my post, please leave a comment through my blog posts. I don’t feel comfortable for being contacted via private message in my social media. I am so sorry but thank you so much for being my valued reader 🙂


 

 

 

 

21 thoughts on “Strategi Memanfaatkan Alokasi Waktu Ujian Leapforce Secara Efektif dan Efisien

  1. mba, mau tanya seputar leapforce
    saya udah ikut ujian part 3 lagi nunggu email hasil ujian.
    waktu untuk saya exam sampai 12am tanggal 26 desember 2016, tapi sampai hari ini saya belum dapet email hasil ujian. biasanya kalo waktu segitu, seharusnya saya dapat email hasil nya kapan ya?
    terima kasih

    Like

  2. Mbak mau nanya lagi nih,

    Saya udah kelarin buat yg payment pake western union, udah dpet inbox jg buat masuk ke facebook srt.

    Nah yg saya bingung, di link compund eye kok gkbs d buka yah. Alamat ip ny kaya gak dpet izin gitu.

    Dan saya juga gk dpet email buat ujian leapforce. Btw ujian itu di tab bagian academy itu bukan yah?

    Mohon bantuannya

    Like

  3. Assalamu alaikum mbak Atul, akhirnya setelah sebulan lebih saya daftr sebagai agent akhirnya sudah bisa log in. Sekarang saya sedang menunggu proses kualifikasi.
    saya sudah beberapa kali baca artikel yg tentang persiapan test kualifikasi.
    Apa lg ya yg harus saya siapkan?
    Hehe

    Terima kasih

    Like

      1. saya tidak mendapat email apa2 dari leapforce, tapi pas iseng login ada link yang bisa di-klik “Complete screening quiz” dan di dalamnya ada guideliines tentang SAIL. apa ini test kualifikasinya? atau tunggu email aja mbak?

        Like

      2. oh kalo beda project mempengaruhi ke proses kualifikasinya ya, waktu itu mbak project apa?
        di dashboard saya cuma ada “Truckee” Project dan itu yang saya lanjutkan ke qualify. Apa mungkin nanti ada project lain project yang muncul

        Like

  4. Selamat malam mba, saya baru mendapatkan email untuk ujian kualifikasi, ujiannya di tanggal 6,namun di tanggal 7 saya harus ke luar kota seharian dan sepertinya ga bisa mempelajari guidiline atau bahkan ambil tes di hari itu, ada baiknya saya reschedule apa gimana ya mba? Deadline tugasnya itu 7 hari untuk 3 task kan ya? Terus kalo mau schedule ulang tinggal klik link yg dikasih aja kan ya? terus yang dilakukan selanjutnya apa mba? apa saya yg milih tanggal atau leapforce yg ngasih tanggal nya? terima kasih mba

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s