Wacom Intuos Photo: Unboxing Graphic Tablet Pertamaku

Memang, Rabu sore itu terlihat suram, tapi hati saya justru terang benderang. Impian untuk membeli graphic tablet Wacom akhirnya tercapai, yayy!

Sore itu, langit Depok terlihat gelap. Hujan turun rintik-rintik. Pemandangan di Jalan Margonda dipenuhi kendaraan yang padat merayap. Tak heran, bunyi klakson pun terdengar bersahutan.

Saat saya melangkah keluar dari toko Gramedia Depok, mendadak air hujan menjadi sangat rapat dan deras. Sepertinya langit baru saja menumpahkan air yang sedari tadi tertahan.

Tapi saya ingin

Meskipun pulang kehujanan, namun hati rasanya girang bukan kepalang. Agak lebay sih ya, tapi memang benar, rasanya seperti anak kecil yang baru saja dibelikan mainan.

Serba penasaran dan tidak sabar untuk segera pulang dan mencobanya. Saya baru saja membeli mainan baru, Wacom Intuos Photo.

Mengapa Tertarik dengan Graphic Tablet?


Sebelumnya saya tidak tahu apa itu graphic tablet. Sampai akhirnya sering banget liat video tutorial photoshop, contohnya Aaron di channel Phlearn.

Saat ia menjelaskan teknik editing, ia menggores-goreskan sebuah pena di atas objek berwarna hitam, tipis, seukuran buku, dan berbentuk seperti tablet.

Biasanya kalau edit foto melalui photoshop, saya hanya mengandalkan touchpad, tanpa mouse. Sampai akhirnya saya jadi terbiasa melakukan retouching foto hanya dengan mengandalkan jari.

Pas lihat video tutorial photoshop dengan graphic tablet, saya langsung tertarik. Wah sepertinya seru ya. Kepo pun beraksi.

Setelah explore kesana kemari, akhirnya saya jatuh cinta sama Wacom Intuos Pro Medium. Sayangnya untuk sekedar mencoba dan belajar, budget Wacom Intuos Pro itu terlalu besar.

Saya coba searching harga wacom di beberapa online shop, Intuos Pro ukuran small aja berkisar Rp 4,399,000 sedangkan Intuos Pro ukuran Medium berkisar Rp 6,320,000. Cukup mahal bukan?

Kalau bukan untuk urusan bisnis atau nyari duit, saya belum berani mengeluarkan budget sebesar itu. Akhirnya saya cari alternatif lain dan ketemulah hati saya dengan wacom intuos photo.

Graphic Tablet, Apa itu?


Menurut wikipedia, graphic tablet atau tablet grafis adalah perangkat keras piranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.

Apa itu Wacom?


Wacom adalah merk graphic tablet paling populer di dunia, diproduksi oleh Wacom co., Ltd yang berpusat di Saitama, Jepang.

Informasi lebih lanjut terkait wacom bisa dicek di official websitenya disini. Menurut Wacom Introduction and Business Update, wacom menguasai pasar global sekitar 88%. Wow besar juga  ya! Berikut detail grafik yang menjelaskan market share Wacom tahun 2015.

Wacom Global Market and Sales

Ada Berapakah Tipe Graphic Tablet Wacom?


1. Pen Tablets

Pen tablets terdiri dari Wacom Intuos dan Wacom Intuos Pro, masing-masing dibagi lagi menjadi:

  • Wacom Intuos: Wacom Intuos Draw, Wacom Intuos Art, Wacom Intuos Photo, Wacom Intuos Comic dan Wacom Intuos 3D.
  • Wacom Intuos Pro: Wacom Intuos Pro Small, Medium, Large dan SE.

2. Pen Displays

  • Wacom Cintiq 27QHD touch
  • Wacom Cintiq 22HD touch
  • Wacom Cintiq 13HD touch

3. Pen Computers

  • Wacom Cintiq Companion 2
  • Wacom MobileStudio Pro

Apakah graphic tablet penting?


Penting atau tidaknya graphic tablet tentu tergantung dari masing-masing individu. Sebenarnya, tanpa graphic tablet pun semua bisa dilakukan.

Tapi…. jika kamu sering mengerjakan digital illustration, photo editing atau retouching, graphic design atau membuat video tutorial pelajaran di youtube, saya rasa graphic tablet itu perlu.

Mengapa? Karena saat kamu menggunakan graphic tablet, digital illustration atau photo retouching bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Tentunya jika sudah terbiasa ya, karena kalau masih baru seperti saya terasa agak lama karena saya masih belajar dan menyesuaikan.

Tenang, dalam beberapa hari kamu akan terbiasa dan bisa menguasainya.

Dengan graphic tablet, menggambar, mengedit foto dan menulis terasa lebih natural karena kamu menggunakan pen yang berperan sebagai pencil dan tablet yang berperan sebagai buku. Hasilnya pun bisa langsung masuk komputer tanpa harus repot-repot me-scan terlebih dahulu.

Kalau ada banyak tipe wacom kenapa memutuskan membeli wacom intuos photo?


Pertanyaan yang bagus sekali. Untuk memutuskan membeli Wacom saya berpikir cukup lama sampai saya merasa bahwa pilihan saya tepat. Duh kaya milih jodoh aja.

Saya ingin membeli wacom karena untuk memudahkan saya ketika editing foto, selain itu saya juga ingin belajar graphic design dan membuat video tutorial.

Software yang mendukung keinginan saya diatas antara lain photoshop dan adobe ilusrator. Kedua software tersebut sudah ada di Macbook Pro saya. Dan bagusnya, semua jenis wacom diatas bisa digunakan di photoshop maupun adobe ilustrator.

Kalau semuanya bisa kenapa pilih wacom intuos photo? oke, berikut adalah pertimbangannya:

Pertama adalah budget. Sebenarnya wacom impian yang ingin saya beli adalah wacom intuos pro medium. Sayangnya budget saya hanya 2jt dan karena saya membeli wacom masih dalam proses pembelajaran dan belum untuk bisnis profesional maka saya memilih wacom intuos instead of wacom intuos pro yang harganya jauh lebih mahal. Pilihannya tinggal wacom intuos draw, art, photo atau comic, itu pun yang ukuran small.

Kedua adalah fitur multitouch. Multitouch arti sederhananya adalah bisa dipakai dengan pen atau pun dengan jari tangan. Fitur multitouch tidak ada di wacom intuos draw, so pilihannya tinggal wacom intuos art, photo dan comic.

Ketiga adalah software bawaan. Meskipun semua wacom bisa dipakai di photoshop dan adobe ilustrator tapi software bawaannya juga lumayan. Wacom intuos photo dibekali dengan software yang mendukung hobby saya untuk editing photo yaitu Macphun Creative Kit dan Corel AfterShot Pro (untuk macbook) dan Corel PaintShop Pro dan AfterShot Pro (untuk windows). Pilihannya pun jatuh ke wacom intuos photo.

Perbandingan Sederhana, Wacom intuos draw vs art vs photo vs comic


screen-shot-2016-10-09-at-3-43-46-pm

Dimana beli Wacom graphic tablet?


Kalau cari diinternet banyak sekali toko online yang menjual wacom. Hampir kebanyakan toko online ternama ada merchant mereka yang menjual wacom, seperti bhinneka, bukalapak dan tokopedia.

Namun kalau kamu seperti saya yang ga berani beli gadget online, toko Gramedia bisa jadi pilihan. Harganya juga ga beda jauh.

Waktu saya lihat di toko online harga wacom intuos photo sekitar 1,770,000 pada saat saya beli wacom di Gramedia Depok harganya 1,839,000.

Selisih harganya lumayan tapi agak mendingan daripada saya capek muter-muter nyari lokasi lain, mengeluarkan ongkos lebih banyak dan habisin waktu. Belum lagi kalau beli di merchant online yang saya masih ragu dan takut dengan kualitasnya.

Apakah ukuran wacom tablet berpengaruh?


Awalnya saat saya baca-baca review di blog bule, hampir semuanya menyarankan belilah ukuran yang medium karena ukuran yang small terlalu kecil. Namun setelah saya membeli ukuran small, sepertinya sudah cukup lumayan untuk tangan saya yang mungil (meskipun gembul).

Tapi memang benar, ukuran small ada keterbatasannya. Karena ukurannya yang se-buku tulis, tangan kamu ga leluasa bergerak. Namun kamu masih tetap bisa menyesuaikan kalau sudah terbiasa.

Kembali lagi, karena saat menentukan ukuran wacom yang akan dibeli yang paling penting adalah budget, kalau budget kamu ngepas, pilihlah yang small kalau budget kamu tumpeh-tumpeh belilah yang medium.

Keuntungan ukuran small adalah enak dibawa kemana-mana. Jadi menurut saya, ukuran small itu cocok untuk mobile dan medium untuk stay di rumah.

Saat beli wacom intuos, apa saja yang ada di dalam box?


Wacom Intuos Photo
Kotak luar Wacom ada dua
Wacom Intuos Photo
Inilah penampilan Wacom Intuos Photo saat kamu buka kotaknya
Wacom Intuos Photo
Ini adalah bagian dibawah Wacom tabletnya, ada pen, kartu garansi, cable penghubung tablet ke laptop dan cd untuk install software. Untuk software bisa di install dengan cara download di website wacom
Wacom Intuos Photo
Ini peralatan yang bisa digunakan untuk mengoperasikan wacom intuos photo. Bagian belakang tablet ada pen nib cadangan yang bisa kamu pakai jika pen nib sudah minta diganti. Serta ada slot untuk menambahkan wireless (tapi harus beli lagi)
Wacom Intuos Photo
Key Code untuk download software di website Wacom ada di bagian pinggir depan kotak

Bundled Software apa saja yang bisa di download di website wacom?


Pilihan downloadable Wacom Intuos Photo software untuk Macbook lebih banyak. Setelah kamu registrasi dan download software, Wacom akan mengirimkan email berisi serial number dari masing-masing software tersebut.

screen-shot-2016-10-10-at-6-06-36-pmscreen-shot-2016-10-10-at-6-07-01-pmscreen-shot-2016-10-10-at-6-07-41-pmscreen-shot-2016-10-10-at-6-07-57-pm

Nah itulah curhat saya saat unboxing wacom intuos photo pertama. Intinya semua tipe wacom bisa dipakai di banyak software. Bundled software atau software bawaan adalah optional, kamu bisa tetap menggunakan software yang memang sudah sering dan terbiasa kamu pakai.

Tentukan budget kamu, hal itu akan memudahkan kamu ketika menentukan tipe wacom apa yang akan dibeli.

Apakah kamu juga memakai graphic tablet? Tipe apa yang kamu gunakan dan bagaimana pengalamanmu menggunakan graphic tablet? Yuk share di komentar berikut!


If you have a question related to my post, please leave a comment through my blog posts. I don’t feel comfortable for being contacted via private message in my social media. I am so sorry but thank you so much for being my valued reader 🙂


 

2 thoughts on “Wacom Intuos Photo: Unboxing Graphic Tablet Pertamaku

  1. Entah keyword apa yang saya ketik, ehh tbtb ketemu artikel yg baru di tulis kemarin. *tehe
    Saya juga ingin beli wacom, tepatnya wacom intuos 3d. Tapi makin hari tak kunjung ada kabar apa-apa, padahal di websitenya tertulis akan dijual bulan oktober ini, kelamaan… udah gk sabar menunggu *huhu
    Apa kakak tahu sesuatu ttg kabar dari wacom 3d?
    Ohh iya, software bawaan dari intuos photo yg kakak beli, itu sifatnya permanen atau cuma trial beberapa tahun aja?

    Like

    1. Hai, waah keren banget mau beli wacom intuos 3D. Kalau untuk tipe itu saya kurang paham, udah coba update atau tanya di fb nya wacom datascrip indo? https://www.facebook.com/wacom.datascrip/. Untuk bundled software wacom sifatnya full version karena kita akan dikasih serial numbernya. Setelah download, nanti akan dapet email berisi semua serial numbernya. Semoga kamu segera mendapatkan wacom intuos 3d nya ya 😀 *jangan lupa share hasilnya ya, penasaran 😛

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s