Advertisements

Pengalaman Rental Wifi Wi2fly 11 Hari untuk ke Jepang

Screen Shot 2017-04-01 at 11.30.23 AM

Rental wifi wi2fly, mungkin bagi kamu yang sering bepergian keluar negeri nama ini tidak asing lagi. Tapi bagi saya masih kedengeran asing, apalagi namanya yang agak susah disebut buat lidah jawa kek saya :p.

Memiliki koneksi internet ketika kamu berada di luar negeri memang penting misalnya untuk mencari lokasi wisata, nearby halal restaurant,  shopping area, rute perjalanan, jadwal kereta dan lain sebagainya. Meskipun ya memang, internet bukanlah sebuah keharusan, toh kamu masih bisa survive kok tanpa internet, ciusan.

Buat kamu yang berniat rental travel wifi, berikut pengalaman saya rental wifi wi2fly untuk ke Jepang selama 11 hari (20-30 Maret 2017). Siapa tahu postingan saya ini bisa menginspirasi kamu menentukan rental wifi mana yang sesuai budget kamu.

———-

Siang itu, tiba-tiba hape saya bergetar. Ada sebuah panggilan dari nomor tak dikenal. Biasanya kalo ada nomor tak dikenal begini ga akan saya angkat atau saya abaikan. Tapi ini panggilannya ga berenti berenti, akhirnya saya angkat.

‘Mba saya dari DHL mau mengantar wifi, ini alamat kosannya dimana ya, kalo dari Jalan Margonda’

wah cepet juga ini wifi dateng, padahal di web dibilang H-1 baru dianter, ini saya berangkat hari Senin depan, hari Kamis ini sudah dianter.

———-

Ngomong-ngomong soal wifi, baru kali ini lho saya nyoba sewa wifi untuk wisata keluar negeri. Maklum saya mah apa atuh, wisata keluar negerinya juga jarang-jarang. Pas ke Korea waktu itu, kita (saya dan geng) sepakat ga sewa wifi dan cukup menggunakan internet guess house. Jadi selama eksplorasi, kita berempat menggunakan map manual sembari tanya tanya warga local.

“Tanya warga local? Keren banget, bisa bahasa Korea?”

Ga bisa dong, kita mah komunikasinya pake bahasa tubuh, ga ada yg bisa bahasa Korea, udah kek sirkus dah pokoknya. Mereka ngomong apa yaudah kita pura pura ngerti hahaha

Apa itu wifi wi2fly?


Sesuai yang tertera di web wi2fly berikut penjelasannya apa itu wi2fly:

“Wi2FLY adalah “Your Travel WiFi” yang membantu navigasi mu saat berlibur di luar negeri tanpa harus menghawatirkan susahnya menemukan koneksi Wi-Fi dan khawatir akan data roaming yang mahal. “
Wi2FLY adalah perangkat berteknologi tinggi yang khusus di design untuk anda agar tetap dapat mengupdate momen-momen penting anda dengan keluarga, teman, dan yang tercinta secara online. Hanya Wi2FLY!

Kenapa akhirnya pilih rental wifi wi2fly?


Pertama, rekomendasi pengalaman temen. For me, dibanding iklan, rekomendasi temen matters the most. Biasanya sebelum saya memulai jurus kepo, saya tanya temen dulu yang udah kesana duluan, pas disana pake paket wifi apa. Kebetulan temen saya pake wi2fly, akhirnya saya coba liat webnya.

Kedua, harganya affordable, mengingat saya backpackeran saya cari paket yang kalo bisa lebih murah. Untuk 11 hari saya bisa dapet paket unlimited wi2fly sebesar 770rb, sedangkan di provider lain ada yang waktu itu harganya sekitar 940rb.

Bagaimana proses pemesanan wifi w2fly?


Prosesnya gampang, kalau mau pesen langsung aja ke webnya, disana udah dijelasin prosesnya. Begitu kamu buka home page nya, di sebelah kanan sudah ada form order, tinggal masukan negara tujuan, start date, end date dan jumlah router yang mau dipesan, harga akan muncul otomatis. Klik pesan sekarang untuk melanjutkan prosesnya, mudah bukan?

Bagaimana Pembayaran rental wifi wi2fly?


untuk proses pembayarannya ada dua macam, pertama kartu kredit dan yng kedua transfer melalui ATM atau internet banking. Waktu itu saya menggunakan kartu kredit, begitu selesai memasukan data kartu kredit, bukti pemesanan akan muncul dan dikirim juga ke email.

Bukti Pembayaran wi2fly

*1,270,000 terdiri dari biaya rental wifi 11 hari yaitu 770,000 dan deposit sebesar 500,000

Wifi wi2fly dianter oleh kurir apa harus diambil sendiri?


ada dua pilihan, Pertama diantar dan diambilnya juga oleh kurir (biaya kurir free) dan ini adalah opsi yang saya pilih. Kedua, kamu bisa ambil langsung, kantornya ada disini:

Kalau baca baca testimoninya kok kekna wi2fly ga responsive ya?


kalau baca-baca di komentar instagram sama facebook iya banyak yang kena zonk, tapi karena waktu itu teman saya ga masalah dan lancar jaya maka saya tetap order. Rabu malam bahkan saya kontak melalui message FB jam 11 malem langsung dibalas, kalau untuk WA nya baru dibales paginya. Kalau misal kamu mau tanya routernya kapan dikirim dsb jangan lupa lampirkan bukti pemesanan supaya mereka ga nanya ulang dan bisa langsung di track statusnya. Karena kalo mereka nanya ulang, otomatis chat kita bakal ada di paling atas dan saya yakin mereka ngebalesnya urut dari yang paling duluan. Kalo chat kita naik jadi paling atas, makin lama deh dibalesnya.

Kalau mau lebih gampang, chatnya melalui message fbnya aja, lebih cepet dibales. Official FB pagenya ada disini:

https://www.facebook.com/plugins/post.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fwi2fly%2Fposts%2F288584128221299%3A0&width=500

Bagaimana Koneksi Selama disana?


Wifi yang saya rental lancar jaya dan koneksinya kenceng pas disana. Tanggal 20 Maret 2017 sore saya sampai di Bandara International Narita. Begitu sampai di lokasi langsung saya aktifin wifinya karena memang perlu buat ngecek jadwal kereta dan rute. Awalnya saya was was takut bermasalah, tapi ternyata langsung connect dan kenceng.

Bagaimana Cara Mengaktifkan wifi wi2fly?


Di paket yang diberikan dari pihak wi2fly memang tidak ada panduan bagaimana cara menggunakannya. Awalnya agak bingung, tapi ternyata gampang. Tinggal liat bagian belakang wifinya, sudah ada keterangan nama wifi dan passwordnya. Di hape masing-masing silakan cari wifi dengan nama yang tertera di belakang wi2fly, klik connect dan masukan passwordnya, taraaaa siap-siap semua chat bakal masuk bertubi-tubi (itu tandanya hape kamu langsung terkoneksi)

Apakah perlu deposit ketika sewa wifi wi2fly? Berapa besarannya?


Iya perlu, nah di wi2fly ini depositnya lumayan murah, yaitu sebesar 500rb, berbeda dengan provider lain, waktu itu ada yang depositnya perlu 1jt, agak sayang karena bisa buat jajan mochi itu ntar disana 😛

Kapan Deposit di Kembalikan dari pihak wi2fly?


Kalau dari FAQ di webnya deposit akan dikembalikan sekitar 5-14 hari kerja setelah router diambil.

Untuk pengalaman saya, wifi diambil tanggal 1 April 2017 kemudian deposit dikembalikan tanggal 7 April 2017.

Screen Shot 2017-04-10 at 7.11.09 AM

Isi wifinya ada apa aja?


Ada pouch, charger adaptor, wifi dan cable charger

wifi wi2fly wifi wi2fly

buat kamu yang belum punya charger adaptor kek saya, ini sangat lumayan krn bisa menghemat biaya beli charger adaptor yang kalo di ACE Hardware harganya lumayan sekitar 150rb. Kalau di online shop kekna ada yg 30rban cuman kualitasnya saya kurang paham.

Bagaimana wifi wi2fly dikembalikan?


Tenang, kalau kamu sudah memilih dianter dan diambil oleh kurir saat order di website, tinggal tunggu aja setelah pulang ke Indonesia nanti ada pihak kurir yang menghubungi kamu. Pengalaman teman saya, kurirnya sms dulu janjian kalo besok wifi mau diambil tolong disiapkan dll. Kalau saya, malem jumat saya sampe Indo, jumat siang ada kurir yang nelpon saya mau ambil wifi dan bilang sudah di jalan Margonda Depok (deket kosan saya) lha karena ga janjian, ya saya waktu itu sedang diluar (aka ga dikosan dan wifi ga saya pegang), untungnya si kurir mau ambil lagi besok dan saya ga kena denda. Pas saya tanya kenapa ga janjian dulu, sepertinya itu kurir baru karena dy langsung dikasih list dari kantor dan kurang paham ama mekanismenya. Kurir juga bilang, ada juga customer yang wifi mau diambil dan orangnya masih diluar kota.

CATATAN:

Saat mengembalikan wi2fly kepada kurir, sebaiknya kamu buat tanda terima sendiri pake kertas biasa yang berisi:

  • Tanggal dan lokasi serah terima
  • List barang yang diserahkan kepada kurir
  • Tanda tangan dan nama lengkap kamu dan kurirnya

Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ada barang yang sudah kamu kembalikan tapi dianggap belum dikembalikan. Bisa jadi barang tersebut terselip setelah barang diterima kurir. Jadi supaya lebih aman, kamu ada bukti bahwa barang tersebut sudah kamu serahkan semuanya 🙂

 

Ya begitulah pengalaman saya rental wifi wi2fly. Meskipun banyak yang komen disosmed pelayanannya mengecewakan tapi sejauh ini pelayanan yang saya dapatkan masih bagus. Intinya kalo mau order, ga usah lewat whatsapp atau minta dibantu order lewat instagram. Langsung aja order ke websitenya, gampang kok 🙂

 

*Postingan ini adalah hasil pengalaman saya, bertujuan untuk sharing dan memberikan inspirasi, bukan sponsorship atau pun iklan

Pas di Jepang saya juga ketemu wisatawan Indonesia yang dia pake paket XL di Jepang, tapi saya ga tanya lebih lanjut, mungkin diantara kamu ada yang punya pengalaman lain, silakan boleh di share disini ya 🙂

Baca Juga:

Apply Visa Jepang: 10 Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Panduan Menggunakan Locker Stasiun Saat Traveling ke Jepang

Tinggal di Hotel Kapsul Jepang, Nyaman Ga Sih?

Advertisements

14 responses

  1. Belum lama saya juga sewa modem WiFi dari perusahaan tersebut utk trip ke 3 negara (Singapore, Malaysia, dan Thailand). Secara gadget dan connection, ga ada masalah, koneksi bagus. Tapi ada masalah ketika saya kembaliin pouch beserta isinya via kurir yg ditunjuk Wi2Fly. Deposit yg saya terima langsung dipotong Rp 100 ribu. Mereka bilang mereka tidak terima pouchnya. Ga mungkin lah saya ga balikkin pouchnya secara pouchnya gede begitu, lagipula untuk apa saya ambil pouch itu. Ngambil barang orang lain itu kan namanya mencuri dan mencuri itu dosa.
    Saya menyesalkan pihak Wi2Fly tidak mengkonfirmasi dengan saya dulu ketika mereka bilang mereka tidak terima pouch dan langsung deduct deposit.
    Saran saya buat calon penyewa modem Wi2Fly, waktu kalian terima barang, kalian harus foto dulu secara keseluruhan barang yg diterima. Kemudian waktu mau mengembalikan barang tersebut via kurir, kalian juga WAJIB foto lagi semua item yg mau dikembalikan, kalau perlu bikin rekaman video, dari proses pengemasan barang sampai serah terima dengan kurirnya. Untuk lebih amannya lagi, foto bareng dengan kurirnya dan minta no Hp kurirnya in case terjadi case seperti yg saya alamin itu (yah kalau kurirnya bersedia ya). Atau kalau mau lebih amannya lagi, mending datang langsung aja ke kantor Wi2Fly utk pengambilan dan pengembalian modem WiFinya.
    Waktu ke Jepang bulan Maret lalu, saya juga ada sewa modem WiFi, tapi sewanya yg perusahaan Jepang: Pupuru.
    Singkat kata, karena kejadian yg tidak mengenakkan dengan Wi2Fly, saya merasa sewa modem WiFi di luar negeri langsung lebih baik daripada yang punya dalam negeri. Mereka lebih reliable dan ga “neko-neko”. Ga ada deposit fee juga (note: Wi2Fly kenakan deposit Rp 1.2 juta utk sewa 5 hari ke 3 negara tersebut).

    Like

    • terima kasih Yonski atas sharingnya, semoga bisa menjadi pelajaran dan bahan pertimbangan juga buat yang lainnya. Memang benar sih agak was was saat ngembaliin barang ke kurir karena ga ada tanda terima. Baiknya kalo nyerahin barang kek kurir kekna perlu tanda terima yang ditanda tangani kedua pihak beserta list barang yang diserah kan 🙂

      Sharingnya sangat membantu mas, baik akan saya tambahkan ditulisan saya buat reminder yang lain. terima kasih 🙂

      Like

  2. Pingback: Traveling ke Jepang? Inilah 10 Tips Menghemat Biaya Makan « Gerbang Inspirasi

  3. saya mau share aja pengalaman saya menggunakan sewa travel wifi treepmore. untuk service terbilang baik. salah satunya modem saya terima pas h-1 sebelum keberangkatan dengan deposit relatif ringan sebesar 500.000. untuk customer service oun fast response dan yang menjadi keunikan adalah saat ini treepmore menggunakan travel wifi 4G generasi baru yang tentunya lebih berkualitas

    Like

  4. wah bagus, berarti sekarang ada pilihan rental WiFi lain utk traveling ke luar negeri, selain Wi2Fly. Saya pikir ini hal yang bagus. Semakin banyak pilihan, customer akan bisa memilih company yg memberikan servis yang terbaik dengan harga yg kompetitif.

    Like

  5. hmm, barusan ngecek wi2fly, untuk 11 hari, harus deposit 1.200.000 euy… udah gak 500rb lagi… naiknya drastis banget, padahal mbak nya baru pergi 6 bulan yg lalu kan..

    Like

  6. mbak. mau nanya nih, untuk deposit itu tetap dikembalikan full kan? trus kira” ada kendala kayak terkadang koneksi bisa macet/tiba” down gitu ga? tolong direspon ya mbak, makasih 🙂

    Like

    • iya, deposit dikembalikan full asalkan kita tidak menghilangkan aksesoris bawaannya, pengalaman saya waktu itu, lancar lancar aja mba ga ada kendala koneksi, begitu nyampe di Bandara narita langsung bisa terkoneksi

      Like

  7. Tgl 26 okt – 4 nov, saya sewa wi2fly. Sampai jepang, saat di nyalakan wifi sempat konek sebentar saja.. abis itu ga bisa konek lg. Hp konek ke wifi, tp tidak ada koneksi internet.
    Jd kesulitan selama disana. Harus cari wifi gratisan.
    Sampai di penginapan. Saya coba komplen via email. Disuru kirim foto wifi tampilan depan dan lokasi, via wa.
    Tp respon nya mengecewakan.. T_T

    “mohon maaf untuk Jepang, sampai saat ini kami belum bisa membantu banyak untuk proses troubleshooting”

    “iya mohon maaf bapak/ibu. hanya tinggal Jepang saja yg belum dapat di bantu proses troubleshooting nya”

    Jika tau ada trouble, kenapa wifi untuk jepang di sewakan.
    Mood kami jd rusak selama disana…
    Huhu

    Mending pakai telkomsel roaming

    Like

    • yaah ga enak banget kalo kekgitu, karena wifi penting banget buat wara wiri, pas ke korea saya pernah nyoba untuk ga sewa wifi sama sekali jadi berkelana manual dan tanya orang sana sini, ribet memang, tapi gilanya berkesan. BTW makasih mas ruri atas reviewnya, semoga membantu readers yang mungkin sedang mempertimbangkan untuk sewa wifi ini 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: