Shinjuku Gyoen, Pertama Kalinya Lihat Full Bloom Sakura

Melihat full bloom sakura adalah dambaan setiap traveler saat spring trip ke Jepang. Baiknya, jauh-jauh hari sebelum memesan tiket keberangkatan, kamu cek terlebih dahulu sakura forecast di Jepang kemungkinan akan full bloom di tanggal berapa dan bulan apa.

Meskipun sudah mengecek sakura forecast 2017, ternyata banyak pohon sakura yang belum mekar setibanya saya di Jepang, 20-30 Maret 2017. Padahal, hampir sebagian besar destinasi wisata Jepang berupa taman. Sayang banget kan kalo berkunjung ke taman tapi ga ketemu sama si sakura ini.

Saran saya buat kamu yang ingin spring trip ke Jepang. Pergilah di awal April, yaitu antara 1-15 April. Pada tanggal tersebut hampir semua titik sakura sudah full bloom.

Baiklah, kembali ke cerita saya sebelumnya. Akhirnya saya dan teman saya pun was-was, kalo-kalo kita ga melihat sakura mekar satu biji pun. Yah mau bagaimanapun juga, misi wisata ke taman harus tetap dijalankan.

Pertama, kita berkunjung ke taman di samping Sumida River. Waktu itu sedang hujan dan langit mendung pun menambah suasana sendu begitu kita tiba di lokasi bunganya belum mekar. Ada banyak sekali pohon sakura berjejer di sepanjang tepian sungai tapi semuanya baru puber aka masih kuncup. Kita pun tetap berjalan menyusuri sungi sampai nemu satu pohon sakura yang setengah mekar di samping cafe. Alhamdulillah. Karena satu pohon, wisatawan yang ingin berfoto pun antri. Ingat ya disana berfoto pun rapi dan rajin antri ga rebutan yang justru bisa merusak si pohon.

Kedua, karena ga mau diphp lagi, kita memilih searching lewat instagram terlebih dahulu sebelum datang ke lokasi, taman mana yang sudah ada full bloom sakuranya. Mengapa melalui instagram? Karena instagram jauh lebih cepat updatenya ketimbang Google yang kebanyakan resultsnya adalah website atau blog yang cenderung lebih lama updatenya. Akhirnya pergilah kita ke Yoyogi Park dan berlanjut ke Shinjuku Gyoen National Garden.

Bagaimana Cara Menuju Shinjuku Gyoen National Garden?


Shinjuku Gyoen terletak disini:

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan untuk menuju Shinjuku Gyoen National Garden. Mengingat Shinjuku Gyoen memiliki 3 gate, artikel dari Japan Guide dan Matcha Japan ini bisa kamu jadikan alternatif.

Jalur yang kemarin saya lalui adalah Tokyo Metro (KRL) turun di Shinjukugyoenmae Station di area Marunouchi Subway Line, kemudian gunakan google map untuk jalan menuju Okido gate nya (Pintu masuk). Untuk menuju Shinjukugyoenmae Station, agar lebih mudahnya, silakan kamu gunakan hyperdia karena menurut saya lebih detail meskipun google map juga bisa. Tergantung selera masing-masing.

Perjalanan dari Stasiun Menuju Shinjuku Gyoen National Garden


Jika kamu memilih untuk menuju Shinjuku Gyoen dari Shinjukugyoenmae Station, silakan ambil Exit Number 2. Alurnya kurang lebih seperti di gambar peta berikut. Tinggal gunakan Google map untuk menuju gate masuknya.

Jalur Menuju Shinjuku Gyoen

In Japan, bikes are everywhere and i love to see it #iphoneography #bikes #japan #shinjuku

A post shared by Aniatul Hidayah (@aniatulhidayah) on

Pemandangan roadside parking di pintu keluar Shinjukugyoenmae station menuju Shinjuku Gyoen National Garden. Entah kenapa, suka banget saya ngeliat pemandangan seperti ini. Jalanan sepi, orang-orang lebih suka jalan dan naik sepeda.

Berapakah Tiket Masuk Shinjuku Gyoen National Garden?


Tiket masuk ke Shinjuku Gyoen National Garden yaitu 200¥. Pembelian tiket dilakukan secara mandiri di mesin tiket yang terletak di samping pintu masuk. Kecuali untuk wisatawan group, pembelian tiket bisa dilayani di loket ticket.

Mesin Tiket Shinjuku Gyoen
Sebelum masuk ke Shinjuku Gyoen National Garden, kamu perlu membeli tiket dulu di mesin tiket di dekat pintu masuk. Harga tiket yaitu 200 yen
Tiket Masuk Shinjuku Gyoen
Tiket Masuk Shinjuku Gyoen National Garden

Indahnya Full Bloom Sakura di Shinjuku Gyoen National Garden


Begitu selesai membeli tiket, scan tiket tersebut di pintu masuk agar bisa masuk ke area garden.

Waktu saya kesana, dari pintu masuk sudah terlihat warna pink-pink dari arah luar. Saya dan teman saya sudah sangat excited, akhirnya kita bisa melihat sakura full bloom dengan jumlah yang cukup banyak. Saking excitednya kita sampe lari 😄

Di dekat gate masuk ada 3 pohon sakura yang sudah full bloom. Tak pikir panjang, saking girangnya kita langsung selfie 😛

Setelah foto-foto di area tersebut dengan puas, kita pun bergeser ke arah 3 pohon sakura berikutnya yang benar-benar pink dan bunganya banyak banget. Hampir semua pengunjung berkumpul di area ini untuk berfoto. Ngeliat pohon sakura yang full bloom seperti ini rasanya seneng banget ditambah dengan warna langit yang biru, bener bener cantik!

Sempet juga ngevideoin sebentar, buat kenang-kenangan. Cuma karena pake HP kualitasnya ga gitu bagus hehehe *dan setelah diupload ke IG makin blurr zzz

🌸🌸🌸🌸 #sakura #cherryblossom #JapanTrip #Day3 #shinjukugyoen #japanpark #hanami #japanspring #sakurajapan

A post shared by Aniatul Hidayah (@aniatulhidayah) on

Sayangnya kita kesana sudah agak sore, sekitar jam 3-an.  Begitu kita bergeser ke arah tengah dan tiduran di rumput, ada pengumuman kalo garden akan segera ditutup dan kita dihimbau untuk segera keluar. Yaah sayang sekali padahal masih mau bermanja-manjaan sama pohon sakura *yekali. Semoga next time bisa kesini lagi! *Ngarep pake banget

Buat kamu yang lagi ngidam jalan-jalan ke Jepang, gimana rasanya setelah saya pamerin foto sakura? Makin mupeng kan? Saya yang nulis aja pengen balik lagi T.T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s