Advertisements

Panduan Menggunakan Locker di Stasiun Jepang

“Ka besok kita check out hotel pagi aja ya! Biar ga bolak balik, enaknya koper kita titip dimana ya, hotel atau stasiun?”

“Kekna di Stasiun Asakusa aja tul, yang kemarin kita lewati itu, yang deket lift. Soalnya kalo balik hotel mayan juga jalannya, takut ga kekejar”

“hmm iya juga, yaudah besok koper langsung kita bawa”

Itu adalah percakapan saya dengan temen saya menjelang tidur saat menginap di Hotel Kapsul Enaka Asakusa Central Hotel (pengalaman saya terkait menginap di hotel kapsul bisa dibaca disini).

Jadwal saya dan temen saya waktu itu adalah pagi hari, main ke area gunung Fuji dan sorenya lanjut pindah dari Tokyo ke Kyoto.

Jarak Gunung Fuji dari Asakusa Station cukup jauh, sekitar 3-4 jam. Kalau naik satu kereta doang mending, ganti keretanya tuh bisa 3-4 kali juga. Dengan kondisi kekgitu, tentu saya ga mau repot-repot nenteng koper. Akhirnya, koper pun kita titipkan di loker stasiun asakusa di dekat Kaminarimon exit, dekat lift.

Waktu itu saya dan teman saya ga prepare searching dan kepo-kepo soal locker jadi kurang persiapan.

IMG_5746

Bahkan sempet bingung pas mau nitip di stasiun Kyoto semua locker penuh. Bayangin dong stasiun segede itu, lokernya aja banyak bangeeet, penuuuh semuaaa!

Daaan, itu bukan weekend, tapi hari Selasa, Hebaaat ga tuh!

Jadi buat kamu yang berencana jalan-jalan ke Jepang dan berniat menitipkan barang di locker stasiun kamu perlu tahu hal-hal berikut biar kamu ada persiapan.

Perlukah Menitipkan Barang di Locker Saat Traveling?


Ini adalah poin penting yang harus kamu pahami sebelum menitipkan barang di locker stasiun Jepang.

Namanya traveling pasti ada aja rencana itinerary kamu yang pindah-pindah sedangkan barang bawaan kamu banyak, berat, pake koper pula.

Kamu perlu menitipkan barang dilocker jika dan hanya jika:

  • Kamu perlu pindah kota, misalnya untuk kasus saya pindah dari Tokyo ke Kyoto dan dari Kyoto ke Ikebukuro.
  • Kamu ga mau bolak-balik hotel sebelum pindah kota, misalnya kamu keluar hotel dari pagi meskipun jadwal check out jam 11 siang karena biar praktis, sekalian keluar jadi dari stasiun langsung naik kereta ke kota tujuan.
  • Barang bawaan kamu banyak dan berat, otomatis bakal ribet kalo kamu bawa ke lokasi wisata.
  • Ada temen nitip sesuatu tapi mau ketemuan ga bisa karena ga match jadwalnya. Seperti teman saya yang dapet titipan dari temennya yang kerja di Jepang. Mau ketemuan ga bisa-bisa, akhirnya barang dititipin di locker dan kodenya tinggal dikasih ke temannya. Temennya tinggal dateng ke stasiun buat ambil barangnya dilocker. Kalo dalam kasus ini, pastikan kamu ngasih tahu detail dimana lokasi dan nomer lokernya soalnya bisa bingung itu, apalagi kalo stasiunnya besar dan lockernya tersebar di beberapa titik.

Dimana Kamu Bisa Menitipkan Barang di Locker?


Lokasi locker biasanya ada di Bandara atau stasiun kereta. Hampir setiap stasiun kereta di Jepang ada lockernya.

Untuk lokasi detail locker di stasiun Jepang, langsung aja cek di website masing-masing stasiun yang akan kamu tuju.

Berikut contoh lokasi locker di Stasiun Tokyo:

Lokasi Locker Stasiun Tokyo

Lokasi locker Stasiun Tokyo

Screen Shot 2017-06-01 at 11.30.03 PMScreen Shot 2017-06-01 at 11.30.14 PM

Info lokasi locker di beberapa Stasiun Jepang:

*Pada saat melihat map stasiun, lokasi locker diberi simbol seperti gambar kunci

Untuk stasiun lain yang akan kamu tuju, bisa kamu cek di websitenya masing-masing atau cukup ketik keyword di Google “Locker at (nama stasiunnya)”

Ada Berapa Macam Ukuran Locker di Jepang?


Ukuran locker Jepang ada small, medium dan Large. Waktu ke Jepang saya menggunakan koper 25 inch, meskipun koper saya penuh, dia tetap bisa masuk di ukuran locker Large.

Screen Shot 2017-06-01 at 11.38.33 PM

Image by Japan-Guide

Berapakah biaya sewa locker jepang?


Harga locker small = 300¥

Harga locker medium = 400¥

Harga locker large = 500¥ or 600¥

Berapa lama maksimal bisa menitipkan barang di locker?


Penitipan barang di locker Jepang dihitung perhari (dari jam 12 malam hari ini ke jam 12 malam hari berikutnya).

Locker akan dibersihkan oleh pihak stasiun setelah 3 hari.

Bagaimana Cara Menggunakan Locker di Jepang?


Cara Menggunakan Locker Jepang

Hal-hal yang harus Kamu perhatikan saat menggunakan locker Jepang


  • Setelah memasukan koper dan tas, simpan baik-baik kunci atau ticket berisi kode untuk membuka locker nya ya. Jangan sampe ilang lho, nanti ribet 😛
  • Jenis coin yang bisa dipake untuk sewa locker

Locker coin hanya menerima coin 100¥. Jadi sebelum kamu make locker pastikan kamu sudah ada persediaan uang coin 100¥.

Jangan kek saya, waktu itu saya ga kepo soal locker sama sekali, jadi pas udah di depan locker coinnya kurang. Akhirnya saya minta tolong temen saya buat stay di situ jagain koper dan saya keluar nyari Konbini (convenience store) buat nuker coin. Untunglah pas di depan pintu keluar ada Family Mart, saya pun nuker receh disitu.

Waktu itu pas kebetulan ga ada change machine di deket locker, kalo di stasiun besar biasanya ada change machine buat nuker receh.

Ini adalah contoh change machine di stasiun kyoto:

Screen Shot 2017-06-02 at 12.02.34 AMScreen Shot 2017-06-02 at 12.02.44 AM

  • Selain coin locker, sudah banyak juga locker yang pembayarannya dengan IC Card seperti Suica dan Pasmo. Teman saya mencoba jenis locker ini saat di Ikebukuro Station.

IMG_6243

  • Di stasiun-stasiun besar, locker bisa penuh sewaktu-waktu

Tanggal 28 Maret 2017, saya dan teman saya berniat menitipkan koper kita di Stasiun Kyoto. Karena rencana kita mau main ke Fushimi Inari dulu sebelum ke Ikebukuro, Tokyo.

Waktu itu kita keluar hotel agak siang sekitar jam 10an karena memang kita sengaja, agak capek gitu jadi keluar siangan aja, sekalian beberes.

Malemnya kita sudah cek bahwa hampir sebagian besar locker berwarna hijau yang artinya empty aka kosong. Karena jumlah lockernya yang buanyak, kekna ratusan atau malah ribuan ga tahu (saya ga ngitung). Tapi seriusan banyak, coba aja cek disini, lokasi locker kyoto station. Kita pun santai,

“aah pasti dapet besok”

Tapi ternyataa…

Begitu kita dateng, stasiun Kyoto udah ga begitu rame, karena udah siang. Terlihat beberapa gerombolan orang yang wara-wiri, kesana kemari, naik turun, narik narik koper. Kita belum ngeh tuh, ada apa dengan mereka…

Ternyata, pas kita ngliat ke arah locker semua indikator berwarna merah. Turun ke bawah, semuanya juga merah. Jalan lagi ke area shinkansen, merah juga. Nyari di area belakang stasiun, merah semua.

Dan kita termasuk dari puluhan orang yang kebingungan nyari locker yang masih kosong. Akhirnya, saya pun tanya petugas informasi dimana ada locker lagi, kita berasa muterin itu kyoto station yang segede apaan tahu tapi ga nemu-nemu yang kosong.

Sayang sekali, semua locker sudah penuh, begitu katanya.

  • Lha terus Bagaimana kalo locker di stasiun jepang penuh kekgitu? nitip kopernya dimana?

Tenang! Di stasiun Jepang tidak cuma ada coin locker tapi juga ada baggage room. Mereka menyewakan jasa titip barang atau koper dengan batasan waktu. Kebanyakan dari jam 08.00 – 20.00 waktu setempat.

Biaya baggage storage waktu itu dikenakan 500¥. Mereka bentuknya seperti ruangan, jadi pas kita nitip koper dikasih semacam ticket. Nanti pas ambil, ticket itu ditunjukin.

Lokasi Baggage storage di Kyoto station ada di B1 Floor. dari pintu utama deket Kyoto Tower langsung turun lewat eskalator di depan JR entrance.

IMG_6042IMG_6041IMG_6040IMG_6039

Nah  itulah kira-kira beberapa hal yang wajib kamu tahu sebelum menggunakan locker untuk menitipkan barang di stasiun Jepang. Buat kamu yang mau jalan-jalan ke Jepang, selamat bersenang-senang. . .

Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom komentar 🙂

Advertisements

3 responses

  1. Pingback: Apply Visa Jepang: 10 Hal yang Harus Kamu Perhatikan « Gerbang Inspirasi

  2. Pingback: Pengalaman Rental Wifi Wi2fly 11 Hari untuk ke Jepang « Gerbang Inspirasi

  3. Pingback: Traveling ke Jepang? Inilah 10 Tips Menghemat Biaya Makan « Gerbang Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: