Advertisements

Kuliner Sate Kardjan Bandung, Enak Ga Sih?

sate kardjan

“Kita sekalian check out kan?”

“Iya tapi ke Sate Kardjan nya jalan kaki aja ya, mobilnya tinggal sini, jalannya muter kalo bawa mobil”

“Okey!”

Setelah proses check out selesai, saya dan teman saya, bertiga, langsung keluar hotel Citradream Bandung. Cuaca waktu itu mendung dan kekna udah mau ujan. Jalan Pasirkaliki terlihat ramai dan lumayan padat. Banyak motor dan mobil berseliweran.

Kita pun bergerak ke arah kiri, melewati toko Kinari Djaja, dan di pertigaan, kita menyeberangi Jalan Kebon Kawung.

Screen Shot 2017-11-01 at 3.40.56 PM

Setelah melewati jembatan, kita belok ke kiri menuju Waroeng Sate Kardjan. Kalau kamu kesini, suasana restorannya terlihat adem dan sejuk karena ada sekitar 4-5 pohon cukup besar dan rindang di halaman restoran.

Waktu kita kesana, kondisi restoran masih sepi. Sepertinya mereka baru buka. Bahkan kita mungkin pelanggan pertama mereka *langsung ngarep diskon hahaha yakali.

Dapur restoran ada di bagian depan. Di depannya ada sekitar 3-4 meja di bawah tenda-tenda yang bisa kamu pilih sebagai tempat makan. Sedangkan sisanya ada di area halaman. Konsep restorannya terbuka, tetap beratap, tapi bukan di dalam ruangan.

Karena perut udah dangdutan, kita pun langsung memesan makanan.

“Duh laper”

Dimanakah Lokasi Warung Sate Kardjan?


Warung Sate Kardjan yang berlokasi di Jalan Pasarkaliki ini, tepat ada di seberang hotel Hilton Bandung. Warungnya ga di pinggir jalan pas sih karena di depannya ada jembatan dan sungai, sungai atau selokan besar ya itu namanya, ya itulah. Tapi kalo dari jalan udah keliatan.

Screen Shot 2017-11-01 at 2.22.46 PM

Sate Kardjan dilihat dari pinggir jalan (Google Street view)

Nah lokasi detail Warung Sate Pak Kardjan ada disini:

Apa yang Istimewa dari Sate Pak Kardjan?


Tanggal 16 Oktober 2017 pukul 11.00 waktu Bandung dan sekitarnya, adalah pengalaman pertama saya nyobain sate pak Kardjan.

Temen saya yang milihin warung sate ini sebagai salah satu destinasi kuliner kita. Saya ga sempet kepo kenapa dia milih warung sate ini. Saya serahin sepenuhnya list kuliner ke dia karena sehari sebelumnya saya ribet mau kondangan ke Garut.

Pas nyobain nih warung dan ternyata makanannya enak, barulah saya kepo. Ada apa sih dengan warung sate kardjan ini? Kenapa warung sate ini begitu terkenal?

Setelah saya Googling, Warung sate kardjan ini beberapa kali muncul di Surat Kabar ternama, diantaranya:

Merdeka.com: 10 Tempat Makan Sate Lezat di Bandung

Kompas.com: Mau Makan Sate Kambing? Ini 5 Pilihan Warung Sate Kambing

Sebungkus Teka Teki Sate Buntel Kardjan

Detik.com: 4 Tempat di Bandung ini Punya Sate Kambing Empuk Juicy

Tribunnews.com: Resep Sate Pak Kardjan di Jalan Pasirkaliki Tak Berubah Sejak 1925

Sate Buntel Kardjan, Kuliner Legendaris di Bandung, Bumbu dan Kecapnya Serba Rahasia

Mungkin karena itu juga orang-orang yang main ke Bandung pada penasaran pengen ngerasain makan sate pak Kardjan.

Seperti Apa Reviews Waroeng Sate Kardjan?


Beberapa reviews Waroeng Sate Pak Kardjan di Jalan Pasirkaliki Bandung antara lain:

Google reviews: 4.2 out of 5 dari 68 total reviews

Foursquare: 6.4 out of 10 dari 30 ratings

Tripadvisor: 4 out of 5 dari 17 reviews

Daftar Harga Menu Sate Pak Kardjan, Bandung


Screen Shot 2017-11-01 at 4.21.04 PM

Oh Begini Rasanya, Makan di Warung Sate Kardjan


Saya dan teman saya pesen sate ayam, tongseng kambing dan tongseng sapi untuk dimakan bareng bertiga. Sate ayamnya enak, empuk dan lembut. Bumbunya meresap, pedes dan maknyus. Tapi ya sate ayam emang rasanya kekgitu, jadi gimana ya, menurut saya kurang ada sisi berkesan atau istimewanya.

Beda hal nya sama tongseng kambing dan tongseng sapinya. Saya memang bukan pecinta tongseng karena menurut saya, kebanyakan tongseng itu rasanya manis jadi saya kurang suka.

Eh tapi pas ngeliat tongseng disini, begitu disajiin, masih panas gitu kan, baunya harum banget, ga bisa nahan pengen segera nyicip. Dan bener aja, saya langsung suka ama tongsengnya, enaaaak bangettttt.

Rasanya gurih dan manisnya pas, ga lebay. Banyak sayurnya, jadi seger banget, beneran dah. Apalagi kalo dimakan pas masih kebul-kebul, aduh maak ga tahan mupengnya.

This slideshow requires JavaScript.

Rekomendasi Menu Sate Kardjan yang Perlu Kamu Coba


Kekna kamu perlu coba pesen tongsengnya deh, entah itu tongseng kambing atau tongseng sapinya. Enak dan porsinya banyak, bisa dimakan buat bareng-bareng. Saya aja waktu itu dibagi bertiga.

Waroeng sate kardjan terkenal dengan sate buntelnya, cobain juga ya sate buntelnya. Coba nanti menurut kamu rasanya kek apa, soalnya kemaren saya ga nyicip menu yang ini hiks

Apakah Lokasi Sate Kardjan hanya ada di Jalan Pasirkaliki Bandung?


Meskipun lokasi restoran utama Sate Kardjan ini ada di Jalan Pasirkaliki, cabangnya sudah banyak tersebar di beberapa tempat. Beberapa diantaranya ada di:

1) Sate Kardjan Antapani

2) Sate Kardjan BSD

3) Sate Kardjan Trans Studio Mall 2nd Fl

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: