Advertisements

Curhat Kerja Online 3: 2 Tahun Bersama Leapforce, and Still Counting!

Happy 2nd anniversary to me and Leapforce! 2 tahun sudah berlalu and still welcoming more memories to come. Bulan Mei 2018 ini, tepat saya 2 tahun bekerja di Leapforce dan akhir April 2018 lalu, alhamdulillah contract saya diperpanjang. Yayy!

Pengalaman lika liku kerja online

Ga kerasa, 2 tahun berjalan begitu cepat. Jadi keinget pas awal-awal kerja online.

Mei 2016 lalu saya mulai bekerja di Leapforce sebagai search engine evaluator. Kurang lebih satu bulan setelah kontrak saya di terminate dari Social Media Evaluator Appen untuk project Facebook.

Termination? hmmm disappointed but not surprised. Sepertinya udah jadi hal yang biasa dan harus siap kamu alami, kalo kamu kerja online. Termination bisa datang kapan pun tanpa permisi.

Ok lah, ini saatnya saya curhat pengalaman kerja online saya mulai dari awal

Berawal Dari Appen


Awal September 2015 saya diterima di Falcon News Feed Project dari Appen. Waktu itu saya masih kerja di rektorat UI. Jadi saya kerja kantoran nyambi kerja online.

7 bulan kemudian, 31 Maret 2016 kontrak di Appen diterminate dengan alasan katanya project sudah menerima cukup data sehingga dianggap selesai.

Pada waktu itu saya bener-bener kaget, “lho udahan nih? Kok bisa, cepet amat, terus saya mesti gimana”

Ya gimana ga pusing, Januari 2016, saya baru saja resign dari kerja kantoran di Kampus UI. Saya pikir, projectnya bakal terus-menerus aka long lasting dan saya bisa menjadikan Appen sebagai sumber pendapatan utama.

Saya udah bayangin, hidup enak, gaji lebih gede, kerjanya sambil leye leye di kamar. Hmmm sayangnya, hidup ga seindah sinetron.

Dan hal yang ga kalah mengagetkan juga adalah Maret 2016, saya juga ditolak beasiswa LPDP. Waktu itu masih semangat-semangatnya buat S2. Jadi bener-bener ada dua kejutan bertubi-tubi dibulan yang sama waktu itu.

Sedih? pasti, nangis? ya boleh lah, diratapi terus? Buat apa, meskipun itu termasuk pukulan terbesar selama hidup. Bayangkan, Ketika kamu bener-bener bingung dengan apa yang harus kamu lakukan dengan hidupmu dan harus mikir bagaimana cara dapet penghasilan karena penghasilanmu ga hanya untukmu tapi juga orang tua dan saudaramu lainnya.

Life must move on!

Mulai Kenalan Dengan Leapforce


April 2016, saya mulai cari info kerjaan online lainnya dan ketemu lah dengan Leapforce. Kebetulan waktu itu ada temen yang kerja di Leapforce, jadi sempet nanya-nanya pengalaman dia juga. Dulu informasi kerja online di internet masih sedikit, ga seperti sekarang, di forum forum online banyak.

Setelah ujian 3 tahap, alhamdulillah 1 Mei 2016 saya mulai bekerja di Leapforce sampe sekarang.

Perjalanan di Appen berlanjut ketika awal Januari 2017 ditawari project falcon insta. Jadi meskipun pernah di terminate di Appen, tetep masih ada kemungkinan di tawari project lainnya.

Jatuh Bangun Kerja Online


Tahun 2017 saya kerja di 2 project, Yukon Leapforce dan Falcon Insta Appen. Waktu itu berasa subur banget, kerjaan di Yukon lagi berlimpah dan falcon Insta pun lancar. Makanya bisa jalan-jalan kesana kemari, bantu renovasi rumah orang tua dan sebagainya.

Sampai akhirnya hidup kembali berkata lain. November 2017, Appen mengakhiri kontrak Falcon Insta nya dengan alasan kinerja saya ga meet requirement mereka. Jeng-jeng-jeng. Itu adalah pukulan pertama di bulan November.

Pukulan kedua, saya juga dapet raport jelek di Leapforce untuk review yang diadakan 3 bulan sekali. Akibatnya, status saya jadi restricted dan cuma bisa kerja sejam per hari selama 3 bulan sampe review/raport berikutnya.

WHATTTTTT….

Habis dipecat meaning penghasilan berkurang ditambah cuma bisa kerja sejam perhari di Leapforce. Lengkap sudah.

Penghasilan yang saya peroleh cuma sekitar 1,5 juta perbulan waktu itu. Renov rumah belum selesai, orang tua perlu support dana dan sebagainya. Woaaah kalo inget masa masa itu rasanya sedih tapi sekarang udah bisa ngetawain, ngetawain betapa kusutnya muka saya waktu itu πŸ˜‚ Mau jajan enak, mikir, apalagi belanja.

Do what make you happy

Kerja Online, Belajar untuk Ga Kagetan


Hidup enak pernah, hidup susah, udah sering. Tapi itulah hidup, naik turun. Hidup mengajarkan kita untuk ga kagetan.

Shock boleh, tapi jangan kelamaan, kalau kita kelamaan shock, bakal ketinggalan. Hidup jaman sekarang semua serba cepet.

Yah itulah sedikit curhatan kisah hidup, yang mungkin bisa menginspirasi sesama pekerja online dan sesama manusia yang sedang belajar untuk ga kagetan.

Kerja online itu enak, tapi jangan terlalu dijadiin sandaran, kalo mereka geser, kamu bakal kejengkang πŸ˜‚ Jangan puas dengan satu sumber, carilah beberapa sumber, kalo satu pancuran mati, masih ada pancuran lain yang bisa dinanti.

Akan lebih bagus kalau mulai belajar mencari ide passive income juga. Sejak awal 2018 ini saya mulai menekuni blogging. Ada blog lain berbahasa inggris yang saya update tiap hari. Dengan harapan suatu saat itu bisa jadi passive income πŸ˜‚ ya namanya juga coba-coba.

Karena hasilnya masih samar-samar jadi saya belum bisa curhat. Mungkin diantara kamu ada yang punya pengalaman silakan boleh share di kolom komentar, Selamat berbagi wahai online job hunters!

Advertisements

3 responses

  1. ya ampun mba, postinganmu selalu menginspirasi. benar banget hidup itu naik turun tapi jangan telalu lama diratapi kalo lagi dibawah jangan terlalu terbang kalo lagi diatas, yang sedang2 saja.
    banyak-banyak bersyukur aja masih terus dikasih semangat , optimistis, kesempatan buat terus jalan. kalo kapan2 dibawah jadi gak kaget lagi dan tahu solusinya.
    semangat terus mba dan untuk semuanya !

    Like

  2. Mba saya sudah apply ke leapforce tetapi sudah hampir 3 minggu belum ada balasan lagi. Apakah saya tidam diterima?

    Like

  3. Salam sesama homeworker mbak aniatul

    Saya saat ini jg msh bekerja di leapforce project truckee karena terinspirasi dari cerita mbak, terima kasih banyak mbak.

    Nah itu dia seperti kata mbak tadi, jgn mengandalkan satu sumber saja, jd selain truckee saya punya beberapa pekerjaan microjobs lainnya yg hasilnya jg cukup Alhamdulillah.

    Mampir2 ke blog saya ya mbak, baarangkali bisa dapat ide ttg online jobs lg πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: