Advertisements

Banting Setir : Online Rater ke Designer

BANTING SETIR

Pengalaman kerja online yang sudah sekitar 4 tahun saya lakoni, dari pas masih kerja kantoran sampai sekarang sudah murni jadi freelancer sepertinya perlu saya share barangkali bisa diambil pelajarannya untuk temen-temen. Kerja online tidak selamanya mudah, berhasil dan menjanjikan. Saya adalah contoh yang bisa dibilang sedang terpuruk di online work dan sedang memulai lagi dari NOL. Setelah 3 tahun bekerja sebagai online rater di  Leapforce (sekarang berubah jadi Appen Connect), tepat tanggal 16 Februari 2019 saya resmi diterminasi. Sedih? Banget. Kesel? Iya. Marah? Alhamdulillah engga. Move on? Yes, exactly Yes.

Jadi kenapa saya sebut banting stir? Karena sekarang benar-benar lagi hopeless menjadi rater semenjak Leapforce diakuisi oleh Appen menjadi Appen Connect. Dari yang diputus tanpa alasan, tau kan sakitnya gimana? Kemudian daftar ke New Available Project dan hingga kini tak ada kabar kelanjutannya. Digantung kaya perasaan kamu ke dia, sakit kan? Akhirnya saya putuskan untuk move on dan balikan sama pekerjaan online yang dulu pada awalnya sudah menggiring saya dan yakin untuk menggeluti pekerjaan online, as Graphic Designer.

Jadi gimana awalnya dan kenapa sempet ninggalin sebagai designer dan kemudian balik? Begini ceritanya, alasannya dan kelebihannya :

Akhir Tahun 2015

            Tepatnya 15 Agustus 2015 saya dinyatakan “wis sudah kuliahmu ndok” (sudah sudah kuliahmu nak : sudah cukup kuliahmu nak) alias Wisuda dari Universitas Telkom, Bandung adalah awal mula saya mulai mikir kehidupan yang akan datang khususnya pekerjaan. Saya pikir sebagai cadangan sambil nunggu dapat kerjaan akhirnya saya nyoba daftar-daftar diberbagai web yang membantu designer dapat kerjaan alias duit (nanti saya ulas websitenya apa aja). Waktu itu saya daftar di freelancer.com, Dribbble.com, sribulancer.com, dan projects.co.id.

Freelancer.com

Di sini diharuskan punya akun paypal, waktu itu belum punya CC(credit card) dan sayapun nyoba beli yang virtual, belinya berhasil tp akunnya kena limited dan akhirnya end di freelancer. Nyerah karena keterbatasan syarat.

Sribulancer.com

Di sini banyak banget project yang gampang buat dikerjain tapi ratingnya kurang bagus menurut saya. Jadi banyak project dipost, worker ngebid tapi selalu berakhir dengan digantung. Tiba-tiba project berakhir tanpa ada worker yang diterima.

Dribbble
Disini saya kurang tertarik ntah kenapa karena diminta sering-sering mempromosikan diri(karyanya). Dan saya bukan tipe yang suka untuk itu akhirnya ditinggalin.

Projects.co.id
Freelancer Pemula. Di sini saya mulai diterima sebagai pekerja online, khususnya Graphic designer. Bid saya sering di approve dan dapat rating bagus alhamdulillah.

Disisi lain saya sudah diterima bekerja di perusahaan swasta and Onine Design still counting.

2016 -2017
Pertengahan tahun 2016 saya mulai mendaftar ke Leapforce . Gagal ujian 2x dan berhasil di ujian ke 3, Alhamdulillah. Kontrak berjalan 1 tahun dan kemudian end kontrak. Daftar lagi diterima lagi, 1 tahun end kontrak. Sambil megang rater saya coba daftar sebagai shutterstock contributor tapi karena dikantor mulai sibuk dan udah jadi rater, design-nya saya tinggalin belum nyoba masukin gambar. Daftar Shutterstocknya sekitar akhir 2017.

2018

Still counting with rater, kantoran, projects.co.id dan nyoba-nyoba diminta jadi model ala-ala selebgram yang belum berbayar haha ( banyak freelance yang sudah saya coba selain online) saya mulai nambahin gambar di Shutterstock. Karena kurang bisa konsisten memperbanyak gambar untuk dijual akhirnya ditinggalin lagi. Kalo ngga salah waktu itu saya tinggalin pertengah 2018 dengan 36 gambar di dalamnya.

Agustus 2018 saya resign dari kantor dengan berbekal Social Media Evaluator, Facebook konten rater ini dua duanya di Appen. Yeaay bahagia banget karena persiapan resign berjalan lancar dan pekerjaan online dengan penghasilan sebulan +- 9jt hanya bekerja dirumah. Berikut bukti pembayarannya perbulan sebagai rater. Saat ini bener-bner tidak megang design sama sekali.

Kemudian 2 bulan setelah saya resign dan 1bulan sebelum menikah Facebook Konten Raternya di terminasi(yang penghasilannya paling gede malah diambil lagi sama Allah). Masih bersabar karena masih megang Social Media Evaluator. Masih belum mikirin banget cari pekerjaan lain karena sibuk persiapan nikah tapi tetep nyoba daftar-daftar lagi. Masih belum nyentuh design juga karena belum sadar haha)

2019

Appen saya sudah berhasil pindah ke Appen Connect (waktu itu ada pemindahan semua worker dari leapforce dan appen global ke appen connect) dan hal ganjil mulai terjadi. Tools saya error tanpa penanganan. Ada notifikasi diterminasi jika tidak bekerja padahal saya kerja. Dan 20 Januari 2019 tiba-tiba project hilang dari akun. 1 februari 2019 submit invoice january padahal sebelumnya sudah dibilang submit seperti biasa, 8 Februari pekerjaan bulan januari hanya diterima 20hari padahal saya bekerja full, itupun sudah tawar menawar karena mungkin mereka merasa bersalah dan tidak punya alasan kenapa harus memberhentikan saya. Ini adalah moment-moment galau setelah menikah. Tapi alhamdulillah masih tertolong karena rasa bahagia pasca pernikahan muehehehe

FINAL

Saya resmi diputus tanpa alasan sebagai rater, sudah daftar project lain tapi hingga hari ini masih tidak ada kelanjutan. Mungkin banyak yang satu pengalaman dengan saya. Sudah di putus tanpa alasan nyoba yang lain digantungin. Fix saya hilang harapan sama Appen.

            Awal January 2019 saya mulai menyeriusi Shutterstock lagi dan ambil order pembuatan design berbentuk projectan dari orang (pembuatan brosur, logo pamflet, dan lain-lain-sekalian promosi boleh kali ya hehe). Sedang berusaha konsisten untuk menggambar 10 item perhari untuk Shutterstock dan sejauh ini saya hanya menggambar sesenggang waktu saya (maklum mamah muda-baca ibu rumah tangga hehe). Berikut penghasilan saya hingga 22 Februari 2019 di Shuttertock.

earning summary

Coba dari dulu yah gambar, pas ngga punya kerjaan udah bisa dipetik hasilnya. Kalo yang honor project-an tidak bisa saya tampilkan ya hehe, untuk permulaan penghasilan dari shutterstock diatas sudah terbilang lumayan. Harus lebih semangat nih setelah ini.

Kelebihan Online Graphic Designer di Shutterstock :

  1. Penghasilan sesuai dengan seberapa rajin kita bekerja. Semakin banyak gambar yang dibeli semakin besar gaji kita.
  2. Jika bekerja sebagai projectan gajinya lebih jelas, apalagi dapat bos dari luar negeri.
  3. Yang paling jelas tidak akan ada pemecatan sepihak kecuali melanggar syarat gambar yang diupload.Jadi meskipun tidak sebagai rater kerja online masih banyak yang bisa digali dan bagi. Semangat Online Worker 🙂

 

Advertisements

22 responses

  1. wah..inspiratif banget mba…
    masih pengantin baru nih.. selamat ya.

    mbak boleh nanya donk..

    dua bulanan lalu aku lolos ujian di Leapforce terus dapet 2 email:
    – tanda tangan kontrak
    – email berisi petunjuk (masalah chrome, Raterhub, ekstension, dll)

    nah, setelah aku tanda tngan kontrak itu sudah gak ada kabar lagi kelanjutannya,
    setiap aku buka akun leapforce tulisannya cuma ” your information status” paperwork-in progress, kayak dipending gitu. jadinya gak bisa lihat proyek yg tersedia, padahal ada notifikasi 4 proyek tersedia.

    bisa minta pencerahan dong Mbak, sebenernya gimana sih prosesnya setelah ketrima sampai kita kerja.
    apa mungkin ada yang aku lewatkan ya prosesnya, soalnya kmaren itu aku cuma tnda tangan kontrak aja.

    kmren sempet aku tanyain, katannya akun ku belum bisa diproses karena saat ini pekerjaan gak tersedia. loh kok?? jadi bingung aku mbak.

    maaf ya mbak agak panjang nulisnya😃😃

    tolong ya mbak kasih pencerahan prosesnya dari ketrima sampek kerja…
    terimakasih mbak…semoga sukses di designnya…oh iya semoga segera dapat momongan ya 😃

    Like

    • Hihi iya nih masih anget banget pengantin barunya. Makasih ya

      Sebenernya kalo tahapan setelah dinyatakan lulus dan sudah setting tools buat kerja itu tinggal nunggu ada email lagi “Anda sudah mulai bekerja “. Dari ceritanya mba sepertinya tidak ada yang terlewat dan sudah ada notifikasi “pekerjaan sekarang tidak tersedia”. Kurang tau yah dari sananya emang kerjaannya udah ngga ada lagi alias dibatalin projectnya atau emang sudah memenuhi kuota.
      Soalnya kemarin mba Ani juga sudah lulus project satu lagi dan tiba2 ada notifikasi tidak jadi meneruskan project. Mungkin kasusnya hampir sama.

      Kalo yang “gak bisa lihat proyek yg tersedia, padahal ada notifikasi 4 proyek tersedia.” bisa jadi dari sana akses untuk mendaftar sedang diblock. Kaya saya kemarin masih kerja dan tiba2 projectan yang sedang saya kerjain dibuang dari akun. 2 minggu kemudian dijadikan alasan untuk menterminasi saya.

      Aamiin yarobal ‘alamiin Jazakillah

      Like

      • Memangnya seting toolnya apa saja Mbak? Kemarin itu aku cuman instal raterhub aja sih…itupun sekarang udah anautorized. Soalnya link yang dikasih kebnyakan gk bisa dibuka (memang sudah ada keterangannya sih)
        Wah…kalo begitu misalkan nanti ada pekerjaan apakah aku harus ikut ujian dari awal lagi ya?😂😂

        Makasih ya mbak

        Like

  2. Mbak Atul,
    kita senasib. saya juga seorang istri rumah tangga yg lebih memilih sebagai pekerja online.
    bulan ini 2 kontrak saya berakhir di connectappen sebagai social media evaluator dan di appenglobal sebagai transcriber.
    hiks.. satu bulan diputus 2 kontrak sekaligus, entah ky apa rasanya.

    sekarang lg memutar otak untuk mendapatkan penghasilan baru.
    alhamdulillah pemasukan masih ada sedikit dr kerja online lain walaupun enggak gabung di appen lagi.

    semangat mbak
    kita pasti bisa atau mari kita bersatu membangun lapangan kerja baru mbak,hehe

    Like

    • hihi yang banting setir adeknya nih mba beda author , kalo mba atulnya masih bertahan jadi Appen Rater sekarang,

      alhamdulillah selama kita mau berusaha insyaallah ada aja ko yang bisa digali dari online, aamiin yarobal’alamiin

      Like

  3. asalamualaikum Mbak,
    Mbak..untuk Yukon seting toolnya selain raterhub apa aja ya? trus gimana ya langkah2nya? ini kan salah satunya disuruh instal connect.appen ekstension di Chrome, tapi aku cari kok gak ada ya di Chroom store ekstension-nya.

    mohon bimbingannya dong mbak.

    terimakasaih, wasalamualaikum..

    Like

  4. Halo mbak, semoga tetap menginspirasi 🙂

    Kalo boleh tau, jenis gambar mbak yang dibikin di shutterstock seperti apa?

    Oh iya, update soal blog2 indo dan luar yang pake wordads dong… Hehehe
    Makasih 🙂

    Like

    • Hi, aamiin makasih 🙂

      style saya itu flat design, handdrawn, dan lettering, Masih berencana buat update jenis gambar yang saya upload di Shutterstock 🙂

      oya makasih sarannya insyaallah nanti dibahas ya

      Like

  5. Hallo mbak, salam kenal..

    Mbak mau nanya nich. Saya kan pernah ikut qualifikasi di appen pada bulan januari lalu tetapi gagal. Saya belum pernah bekerja di appen. Itu pertama kalinya saya melamar di appen .
    Apakah saya masih bisa berkesempatan untuk ikut project appen yang lainnya atau tidak? Bagaimanakah caranya? Karena sampai sekarang tidak pernah ada tawaran project pekerjaan ke saya dari appen.

    Terimakasih mbak sebelumnya.

    Like

    • saya juga pernah gagal dan masih bisa daftar dan diterima lagi waktu itu mba. Cara daftarnya itu klik apply di akun appen.connect menu available project. Atau biasanya jika sudah berpengalaman akan ada email undangan jika dari sana sangat membutuhkan banyak rater. Kalo tidak ada tawaran berati memang dari sananya belum menyediakan available project buat mba ratna 🙂

      Like

      • Iya sudah berkali kali mbak sy coba apply tp tetap tidak ada respon apa2. Sy sampai berpikiran apa perlu sy tarik saja akun saya dan coba apply baru dgn akun lain. Bagaimana menurut mbak yunita, apakah berpengaruh bila seperti itu mbak, akan lebih baikkah atau malah akan lebih buruk?
        Terimakasih sebelumnya, senangnya bisa bersharing dengan mbak yunita😊

        Like

      • sama sebenernya saya juga udah daftar lagi sampai hari ini belum ada kelanjutan apapun. Itu murni kebijakan dari sana, kalo tarik pendaftaran dan mencoba dengan akun baru saya kurang tau mba pengaruhnya gimana. waa iya sama-sama ya semoga bermanfaat 🙂

        Like

  6. Kak, salam kenal. Mau nanya nih. Untuk task available biasanya di Indonesia berapa ya? Aku baru gabung di LB. Tapi kok belum pernah dapet task. Terimakasih

    Like

  7. Assalamualaikum wr wb

    hari ini sy tiba2 kehilangan tool “start rating” dari IG mb.. dan di dashboar appen connect sy project truckee nya sdh hilang. ga ada email pemberitahuan apapun. padahal sy baru saja dpt contract renewed sampe bln agt depan. sedih ya,.. sementara 2 project baru yg ditawarkan ya bgitu deh masih gantung sdh 1.5 bln. dan sy baru saja resign dari kerja kantoran..hiks

    Like

    • Itu kasusnya sama persis kaya pas saya dikeluarin dr project IG, tapi skrg alhamdulillah udah ada kemajuan dr project yang ditawarkan setelah pemutusan sepihak itu. Cuman harus sabar aja, buat nunggu project yang udah didaftarin.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: