Advertisements

Ayune (Cantiknya) Pantai Menganti – Kebumen

IMG_2501

Kalo denger kata Kebumen pasti terkenal dengan ngapaknya, pesisir, lanting, genteng atau bahkan ada yang ngga tau Kebumen itu dimana. Bener atau bener? haha soalnya setiap keluar kota dan kenalan sama orang ketika saya jawab saya asli Kebumen paling parah itu nanya “Kebumen itu dimana?” dengan polosnya saya jawab ya di Kebumen, kemudian doi tanya lagi sama polosnya (mungkin malu keliatan ngga taunya, padahal saya yang polos buat ngebecandain) “itu di Jawa atau Luar Jawa?” , setelah dijawab Jawa Tengah balasannya “oooh” itupun aku masih ngga yakin dia tau hahaha.

Ngomong-ngomong soal Kebumen, ada Pantai yang lumayan cantik kaya kamu, iya kamu hehe . Sebenernya pantai di Kebumen itu cantik-cantik, hanya saja yang lumayan paling terkenal dan menurut saya paling cantik itu adalah Menanti eh salah Menganti . Kalo sekarang pantai ini sudah banyak yang tau soalnya pernah masuk TV haha, duh Kebumen masuk Tipi, bahkan sekarang ada acara Bocah Ngapa(k) ya di salah satu stasiun TV swasta yang berlatar Kebumen. Kebumen makin banyak yang tau yeaaay jadi kalo kenalan sama orang udah sedikit agak nyambung lah yah suatu hari nanti 🙂 .

Ada apa aja di Menganti?
penujuk arah awal
Pertama masuk gerbang (aku lupa lagi ngefotoin 😦 huhu ) pantai untuk sampai ke Pantai Pasir (di dalam area Menganti itu ada pantai pasir putih) itu sekitar 300m. Kemudian kekanan untuk masuk ke pantai Pasir dan kalo lurus kita akan menemukan penunjuk arah area Menganti seperti gambar diatas.
           Lembang Menguneng
menuju tebing
           Di area Lembah Menguneng itu adalah lembah yang terdiri atas seribu pondok jerami. Saya yang namain seribu pondok karena banyak pondokan di bukit Menganti. Diujung Lembang ada area yang asyik banget buat menatap lepas pantai dan mengagumi karya Allah yang Indah ini. Berikut gambarnya.
dari atas tebing           Watu Mbolong
watu mbolong

Watu Mbolong itu adalah karang/batu di dekat pantai yang berlubang.
           Home Stay
           Dari namanya juga udah jelas ya ini kalo temen-temen mau nginep di sana ada homestaynya. 
Area Camping Gupakan Kebo
           Selain Homestay Menganti juga ada area untuk Camping. Kurang apalagi camping di lembang dikasih view pantai karang yang cuantik? Completely satisfying.
           Jembatan Merah Gebyuran
jembatan merah
           Dinamakan jembatan Merah gebyuran karena jembatannya berwarna merah dan ditepi jembatan itu banyak ombak yang berdebur mengenai batu karang dan jembatan. Gebyur = siram, splash atau apa yah susah juga yang deskripsiin bahasa jawa ke Indonesia haha
gebyur
           Tanjung Karang Bata
karangbatu

          Sunset Area
          Sunset area itu tempat dekat jembatan merah yang bagus banget buat menghabiskan sunset dipantai. hanya saja kemarin ke sananya pagi jadi ngga bisa mengabadikan sunsetnya Menganti.

Dimana Menganti?

Menganti terletak di desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Menganti dekat engan Pantai Pecaron, Pantai Karangbolong dan Pantai Watu Bale dan lain-lain. Jadi, masuk sederetan pantai-pantai pesisir selatan yang kini jadi obyek wisata kekinian anak muda.

Bagaimana Cara ke Menganti?
Bagi yang udah pernah ke bandung main ke daerah Rancaupas dari arah kota yah kira-kira demikian jalannya ke menganti, naik-turun dan berliku kaya hidup kita hehe. Tapi meskipun naik-turun dan berliku karena daerah dataran tinggi dekat pantai masih bisa ditempuh dengan motor matic ko.

Perjalanan menggunakan motor dari arah kota Kebumen ke menganti sekitar 1 jam 15 menitan. Ini udah termasuk isi bensin di pom. Sekarang ada jalur selatan yang jalannya mulus dan bisa lebih cepet. Gampangannya tinggal lurus aja ngikutin jalan gedenya untuk mendekati pesisir. Kalo udah nglewatin Pantai Pecaron, tanda masuk Pantai Karangbolong, kemudian lurus dan ikutin tanda menuju ke Menganti. Sampai.

Berapa Tiket Masuk Ke Menganti?
Nah untuk waktu yang bagus untuk ke Menganti teteup bagusnya weekdays tapi weekend di sana juga ngga terlalu rame karena lumayan luas dan orangnya lebih milih di pantai Pasirnya buat mantai aja dibanding ke area perbukitan dan tebing-tebing diatas.
Tiket weekdays : 10.500 per orang (Sudah termasuk asuransi)
Tiket weekend  : 12.500 per orang (Sudah termasuk asuransi)
Parkir : GRATIS!
peyalanan mobile shutle
Bagi yang dari arah pintu masuk mantai dulu ke Pantai Pasir itu disediakan mobil shuttle untuk naik ke ke perbukitan, dan GRATIS! Saya lupa fotoin mobil shuttlenya, tapi masih bagus dan recomended buat yang main bareng keluarga terus males pake jalan kaki ke atas atau bawa kendaraan sendiri buat naik.
pantai pasir 2

Karena kemarin naik ke lembah dulu baru ke pantai pasir jadi setelah mendaki bukit , melewati lembah kemudian melipir ke Pantai Pasir untuk bersantai dipantai ditemani es kelapa muda. Mantep lah pokoke (Mantap pokoknya) hehe

penyewaan motor

Tenang pantainya ngga panas, debur ombak yang menerpa karang, dengan view pohon pandan dan tebing tinggi dibelakang sangat cukup untuk melepas lelah. Kalo masih kurang lelah masih bisa menghabiskan waktu buat sewa atv.

Cantik kan Menganti? Yuk dolan Kebumen ! 🙂 (baca: ayo main ke Kebumen!)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: