Tips Membeli Smart TV Untuk Kamar Kosan, SAMSUNG 32″ Jadi Pilihan

Akhirnya kebeli juga, SAMSUNG Smart TV 32 Inch buat ditaruh di kamar kosan. Ternyata harga Smart TV ada yang murah juga 😍

Awalnya saya menggunakan tv jaman dulu, yang kondenya gede itu lho, tv tabung. Udah besar, beraatt dan menuh-menuhin ruangan lagi, terutama body tv nya, kalo ukuran layarnya sih cuma 21 inch.

Merknya TCL, warna hitam dengan border disekitar layar berwarna merah. TV ini adalah tv warisan dari jaman 2010an, hasil iuran anak kosan waktu itu, tapi yang iuran udah pada cabut, kecuali saya. Akhirnya saya pakelah tv berkonde itu sementara sampe saya beli yang baru.

Meskipun tv tabung jaman dulu, dia bisa jadi smart tv juga setelah saya sambungkan dengan paket tv kabel indihome. Gambarnya jernih, bisa browsing, youtube-an dan nonton channel-channel tv di paketan macam HBO, FOX, NatGeo dan lainnya.

Sayangnya tv ini agak ribet kalo mau dipake buat browsing dan youtube-an. Layarnya kecil dan tulisannya kurang tajam. Mau mirroring dari laptop pun ga bisa krn ga ada slot hdmi nya.

Tiap belanja ke hypermart Detos, saya selalu mampir ke area tv, hampir tiap ke hypermart mampir ke area tv. Mupeng banget liat diskonan tv yang ternyata sekarang harganya udah murah meriah. Liatin satu satu, muter dari satu sisi ke sisi lain, sampai akhirnya… ga jadi beli. 😂 Kek gitu aja terus.

Setelah beberapa bulan akhirnya saya putuskan untuk membeli tv baru, meskipun nonton tv bisa lewat laptop, tapi ada alasan dan pertimbangan sendiri kenapa akhirnya saya ingin membeli tv baru

1). Pengen kerja sambil nonton tapi ga perlu klak klik gonta ganti tab di laptop, salah satu solusinya, punya dua monitor
2). Pengen punya tampilan yang lebih jernih, aka HD
3). Bisa pake aplikasi remote di HP, jadi bisa ngetik dan browsing internet dengan mudah
4). Pengen punya layar tv lebih gede
5). Pengen bisa nonton netflix dan film di TV
6). Pengen bisa mirroring content dari laptop ke tv pake hdmi

Advertisements

Namun, sebelum membeli, saya putuskan untuk mencari informasinya dulu di internet. Habisnya saya kurang puas kalau nanya-nanya sales tv di toko. Kadang ada yang mereka ga paham atau penjelasannya kurang detail.

Akhirnya, saya susun poin-poin penting sebelum saya membeli tv. Mungkin ini bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang mau beli tv juga.

1). Sesuaikan Ukuran TV Dengan Kamar Kamu


Kamar kosan saya kecil jadi ukuran tv yang bisa saya beli pun terbatas, terutama biar ga menuh-menuhin tempat. Berikut kisaran ukuran tv buat kamu yang lagi nyari tv juga.

Ukuran Layar TVPerkiraan Panjang TVPerkiraan Tinggi TV
24 Inch55 cm39 cm
32 Inch73 cm46 cm
40 Inch92 cm 55 cm
43 Inch96 cm59 cm

Waktu itu saya pengen tv dengan ukuran di atas 30 inch, maka pilihannya antara 32 atau 40. Saya coba ukur dengan meja di kamar saya, ternyata untuk ukuran 40 inch terlalu besar, ngehalangin pintu, dengan jarak kasur dan meja lumayan dekat. Akhirnya saya pilih ukuran 32 Inch, karena ini adalah ukuran yang paling pas, layar besar dan cocok dengan ukuran kamar

Kesimpulan: TV Layar 32 Inch [Win]

2). Harga, Sesuaikan Dengan Budget


Untuk membeli TV, saya pasang target ga lebih dari 5 juta. Sebenernya dengan budget segitu bisa dapet 32 atau 40 inch. Tapi karena ukuran kamar saya kecil, 40 terlalu besar, dan harga tv 32 inch lebih murah.

Kesimpulan: TV Layar 32 Inch [Win]

3). HD atau Full HD atau UHD


Kalau kamu searching TV dengan ukuran layar 32 inch rata-rata masih HD atau lebih sering di sebut HD ready. HD atau HD Ready resolusinya berkisar antara 1366 x 768. Untuk resolusi FHD atau Full HD kebanyakan di layar TV ukuran 40 inch ke atas.

Saya menargetkan untuk mendapatkan TV Full HD, maka jika saya ingin mendapatkan TV Full HD, pilihannya jatuh ke 40 Inch. Inilah yang selalu membuat saya bingung, pilih 32 inch atau 40 inch dengan sedikit modifikasi posisi di kamar.

Kesimpulan: TV Layar 40 Inch [Win]

Advertisements

4). Bandingkan Spesifikasi dari List TV Yang Sudah Menjadi Target


Dari kategori ukuran TV, budget dan kualitas gambar, saya membuat list beberapa produk tv yang menjadi incaran saya, terutama yang masuk kriteria.

Setelah itu saya bandingkan spesifikasi masing-masing tv antara yang satu dengan lainnya.

Disini saya sarankan untuk searching-searching online dulu sebelum membeli, terutama kalo mau beli offline di toko. Waktu itu saya beberapa kali mampir ke area TV hypermart Depok Town Square. Melihat harga yang banyak dicoret merah alias diskon, saya pun tergiur.

Ketika saya sedang melihat-lihat, salesnya pun datang, ” Mba mau nyari TV apa?” Saya jawab, “yang udah Full HD yang mana mba” (ini pertanyaan ngarang karena suka bingung kalo sales tiba-tiba mendekat jadi yaudah asal ceplos 😂)

Sales: “Ini semua sudah Full HD mba”

Batin saya dalam hati, masa sih

Saya pun cek keterangan satu satu dibawah tv, “Mba itu kekna masih HD Ready deh”

Mba nya pun keliatan bingung dan mengalihkan pembicaraan dengan menawarkan produk tv yang lain, yang katanya sudah ga anti gores (kalo misalnya ditekan dengan jari).

Pengalaman seperti ini ga cuma saya rasakan di hyermart ini, tapi ketika saya coba ke toko toko lain, kebanyakan mereka ga paham detail tentang spesifikasi. Jadi saya sarankan buat kalian untuk searching online saja. Banyak infonya, tinggal Googling kesana kemari. Cuss langsung dapet!

Spesifikasi utama yang saya butuhkan adalah

  • Memiliki slot HDMI, LAN, wifi bawaan, dan USB, spesifikasi ini saya butuhkan untuk memudahkan menggunakan internet, transfer data dan mirroring atau pun connecting laptop dengan tv
  • Media streamer, dimana sudah ada aplikasi bawaan dari tv seperti YouTube, Netflix, browser dll. Sebenernya ketika kamu sudah menyambungkannya dengan paket Indihome atau paket internet lainnya, di dalamnya sudah ada aplikasi juga
  • Dukungan Aplikasi mobile remote control. Dengan adanya dukungan remote yang connect dari HP ke TV ini akan memudahkan ketika kamu akan mengetik alamat url, atau mau searching-searching di Google atau Youtube. Bagaimana untuk mengetahui apakah ada dukungan mobile remote app, coba baca lebih detail di bagian spesifikasi. Kalo Samsung Smart TV dia pake Smartthings App, kalo TV lain mungkin bisa dicari.
Advertisements

Setelah mempertimbangkan poin poin di atas, pilihan saya akhirnya jatuh ke: SAMSUNG LED Smart TV 32N4300

Pengalaman Membeli TV Samsung 32N4300 di Tokopedia


Setelah searching online kesana kemari dan membandingkan dengan harga tv di mall atau toko, harga di toko online lebih murah. Karena saya biasa beli di Tokopedia, saya pun cari produknya disana dan ketemulah SAMSUNG LED Smart TV 32N4300 dengan harga Rp 2.565.000, – belum termasuk ongkir. (Sepertinya sekarang harganya sudah turun jadi Rp 2.555.000, – ). Harga ini jauh lebih murah di banding di offline toko yang waktu itu saya cek di atas 3 juta bahkan ada yang 3.5 juta.

Karena saking semangatnya saya pun ga mau menunggu lama 1-2 hari, saya pun pilih instant delivery dengan gojek dari lokasi toko di Jakarta Pusat ke lokasi kosan saya di Depok. Biaya Go-Jek Instant delivery berkisar Rp 80.000,- karena takut barangnya kenapa-kenapa saya pun menambahkan biaya asuransi sebesar Rp 40.000,-

SAMSUNG LED Smart TV 32N4300

Di Bulan Juli 2019, Harga Berkisar: Rp 2.565.000 (belum termasuk ongkir)

Cek harga Samsung TV yang saya beli di Tokopedia:

Spesifikasi SAMSUNG LED Smart TV 32N4300

Display:
– Ukuran Layar = 32 Inch
– Resolusi = 1366 x 768

Dimensi:
– Berat = 3.8 kg
– Panjang = 73.74 x 43.80 x 7.41 cm

Aksesoris:
– User manual
– Power cable
– Remote control
– Battery

Konektivitas:
– HDMI (2 slot)
– Built in wifi / LAN
– Component AV In
– USB (1 slot)

SMART Service:
– Samsung Smart TV
– Web browser
– Smart Things App Support

Convergence:
– Mirroring Mobile to TV
– Wifi direct
– Mirroring Laptop/ Komputer ke TV (dengan kabel HDMI)

Audio:
– Dolby Digital Plus
– Speaker Type 2CH
– Sound output (RMS) 10 W

Video:
– Picture Engine = Hyper real
– HDR
– Micro Dimming Pro
– PQI (Picture Quality Index) 400

Netflix:
TV ini juga memiliki aplikasi netflix bawaan. Kalau kamu pake internet selain telkomsel atau Indihome, mungkin bisa langsung connect. Saya pake indihome dan sudah dicoba pake Express VPN tapi tetep ga bisa, jadi solusinya kalo nonton Netflix saya mirroring dari laptop, layar tv buat nonton Netflix atau film dan layar laptop buat kerja. Agak ribet sih tapi ya sudahlah 😂

TV Samsung 32N4300 Bisa Kamu beli di:


Generic Banner

Advertisements

Author: Aniatul Hidayah

A curious traveler and life-seeker who enjoys working from home as Search Engine Evaluator and Blogger. Please visit my Linkedin to know more about me!

2 thoughts

  1. Maaf ooc, tapi apakah postingan mengenai blog wordpress dan wordads-nya dihapus atau bagaimana? Saya suka sekali konten itu padahal

  2. Assalamualaikum wr wb, saya dhimas ari suhartono lulusan dari Universitas Brawijaya ingin bertanya tentang Apprn yukon, boleh saya mintak kontak atau email yang bisa dihubungi untuk dapat berdiskusi lebih lanjut? salam, Dhimas Ari Suhartono

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.