Aplikasi Alodokter, Oh Begini Rasanya Konsultasi Dokter Secara Online

Hari Kamis, 29 Agustus 2019, akhirnya saya mencoba konsultasi dokter secara online di aplikasi Alodokter.

Alodokter adalah website kesehatan yang menyediakan informasi seputar penyakit, obat, hidup sehat, dan keluarga. Yang menarik dari website ini adalah hampir semua tulisan yang mereka posting sudah di review oleh dokter, nama dokternya tertera di bawah tulisan biasanya. Hal ini menjadikan Alodokter menjadi website yang reliable untuk mencari info seputar kesehatan.

Jika kita lihat berdasarkan Alexa traffic dan website ranking, Alodokter menempati posisi 592 secara global dan 20 di Indonesia. Wow! Buat para blogger dan website developer, siapa sih yang ga mau dapet ranking sebagus ini?

Alodokter juga mengembangkan sayap bisnisnya dengan meluncurkan aplikasi Alodokter dengan slogan, “Alodokter: Chat Bersama Dokter”. Memang benar adanya, slogan itu menggambarkan fasilitas yang mereka tawarkan, dengan aplikasi Alodokter kamu bisa chat dan berkonsultasi langsung dengan dokter-dokter yang terdaftar dalam aplikasi tersebut.

Berapa Biaya Konsultasi Secara Online di Alodokter


Di dalam aplikasi Alodokter terdapat 3 jenis konsultasi yang bisa kamu pilih. Berikut adalah daftar harga dan biaya konsultasi online di aplikasi Alodokter (Harga dibawah ini berdasarkan data yang saya lihat pada tanggal 29 Agustus 2019)

1). Free Alias Gratis

2). Berbayar untuk Dokter Umum (Rp. 5.000,-)

3). Berbayar untuk Dokter Spesialis (Rp. 15.000,-)

Tersedia banyak dokter spesialis mulai dari Dokter Gigi, Spesialis Anak, Bedah, Bedah Plastik, Bedah Thoraks Kardio Vaskuler, Gizi, Jantung, Kandungan, Kulit, Mata, Ortopedi, Paru, Penyakit Dalam, Psikiater, Saraf, THT, Urologi – Andrologi, dan Psikolog.

Advertisements

Bagaimana Cara Membayar Konsultasi Online di Alodokter?


Untuk pembayaran konsultasi dengan dokter secara online di aplikasi Alodokter ini sangat mudah. Kamu bisa menggunakan Kartu Kredit, Transfer Bank (Virtual Account) dan yang paling gampang adalah GoPay.

Waktu saya berkonsultasi, saya mencoba di dokter umum (harga Rp. 5.000,-) dan dokter spesialis bedah (harga Rp. 15.000,-). Pembayarannya saya menggunakan GoPay.

Apakah Dokternya Reliable?


Bisa dijamin dokternya reliable, sebelum saya melakukan konsultasi online, saya coba telusuri beberapa dokter yang memiliki rating 100% (like). Saya klik namanya, dan disitu saya bisa melihat jadwal onlinenya mereka, lokasi praktek mereka (rumah sakit tempat bekerja), dan nomor STR (Surat Tanda Registrasi). STR ini merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi.

Sebagai contoh, saya berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah, dokter David, berikut adalah informasi yang tertera di aplikasi Alodokter.

Pengalaman Konsultasi Dokter Secara Online di Alodokter


Waktu itu saya coba ketiganya, mulai dari yang free, dokter umum harga 5ribu dan dokter spesialis harga 15ribu.

Setelah saya melakukan pembayaran dengan GoPay, saya bisa langsung mengajukan pertanyaan yang berupa keluhan kesehatan yang saya alami.

Untuk pertanyaan ini ada batas karakternya, sekitar 300 karakter, jadi tulis aja secara singkat namun jelas, untuk keterangan berikutnya bisa ditambahkan pada saat chatting.

Ada juga pilihan untuk menyembunyikan identitas kamu. Misalnya kamu merasa lebih nyaman sebagai anonim.

Advertisements

Dari fasilitas gratis, berbayar 5ribu dan berbayar 15ribu, fasilitas gratis inilah yang menurut saya mendapat respon paling cepat. Menurut pendapat saya, mungkin karena memang mereka bekerja di Alodokter dan selalu stand by jika ada pertanyaan.

Untuk dokter spesialis dan dokter umum yang saya coba konsultasi, saya menunggu balasan sekitar 5 menitan. Kemungkinan mereka juga chatting lebih dari satu customer. Begini tampilannya.

Disini saya mengajukan keluhan yang menurut hemat saya adalah skin tag. Lho kok udah tahu diagnosanya skin tag? Karena saya memiliki background pendidikan kesehatan yaitu perawat (namun ga sampe profesi, cuma S1 Perawat saja), saya pun mencoba melakukan diagnosa awal untuk saya sendiri dilihat dari ciri-cirinya. Namun untuk memastikannya saya ingin tahu pendapat dokter.

Skin tag merupakan pertumbuhan kulit jinak yang terlihat seperti balon kecil yang menggantung pada kulit, kadang terlihat seperti kutil. Orang awam biasa menyebut kondisi ini sebagai daging tumbuh. Skin tag alias acrochordon sendiri tidak berbahaya dan jumlahnya bisa bervariasi, mulai dari satu hingga ratusan. Skin tag ini bisa muncul di area wajah, leher atau daerah kulit manapun.

Skin tag pada umumnya tidak berbahaya, tidak sakit atau pun nyeri dan bisa hilang dengan sendirinya. Meskipun tidak sakit, namun secara estetika bisa mengganggu penampilan. Maka dari itu, banyak orang ingin menghilangkannya.

Skin Tag, Foto diambil dari Google

Kasus saya, saya pernah memiliki satu skin tag di wajah, bentuknya mirip jerawat namun teksturnya lebih keras. Dan setelah rajin cuci muka, skin tag saya hilang setelah beberapa bulan.

Namun saya memiliki skin tag lain yang muncul namun bukan di area wajah. Karena teksturnya agak sedikit berbeda maka saya ragu itu skin tag atau bukan.

Setelah chat beberapa saat, akhirnya dokter bedah menyarankan untuk mengirim foto dari titik keluhan agar dokter bisa melihat area keluhannya lebih jelas.

Saya pun mengirimkan foto, yang berisi area keluhan saya. Misalnya kamu konsultasi jerawat, kamu bisa kirim foto area yang berjerawat tersebut. Setelah saya mengirimkan foto pertama, dokter menyarankan memberikan foto lain dari angle yang berbeda.

Setelah kedua foto bisa dilihat dengan jelas, dokter pun memberikan diagnosa sesuai perkiraan saya, skin tag. Saya pun menanyakan, jika saya ingin membuangnya, saya harus ke dokter kulit atau dokter bedah. Dokter bilang, keduanya bisa melakukannya.

Dokter bedah tersebut juga bilang, untuk menghilangkan bisa menggunakan bedah minor atau laser dan tindakannya tergolong mudah dan cepat. (Temen saya kadang becandain dengan bilang, sini gue gunting aja, yakeles 😂 Emang gemes kalo liatnya, pengen ngegunting)

*Saya sempet searching juga di beberapa klinik kecantikan mereka memberikan service untuk menghilangkan keluhan semacam skin tag. karena keluhan skin tag merupakah keluhan umum dimana wanita biasanya ingin menghilangkannya.

Advertisements

Kelebihan dan Kekurangan Konsultasi Dokter Secara Online


Fasilitas konsultasi secara online ini sangat cocok buat kamu yang penasaran dengan penyakit yang kamu derita, ingin tahu gambaran jenis penyakitnya dan malas untuk pergi dan antri lama untuk konsultasi di rumah sakit.

Kelebihan

  • Praktis dan Cepat, kamu bisa mulai konsultasi kapan saja dan dimana saja, tinggal login di applikasinya kemudian cari dokter yang sedang online (warna hijau)
  • Harganya murah, dibanding konsultasi langsung ke dokter di klinik atau rumah sakit bisa lebih dari 100rb.
  • Bisa chat dengan beberapa dokter sekaligus untuk mendapatkan opini yang berbeda, beberapa sekaligus dan lebih murah.

Kekurangan

  • Meskipun cepet, tetep ada waktu tunggu. Karena kemungkinan dokternya juga sambil chat dengan pasien lain atau sedang mengerjakan yang lain, begitu kamu menulis pertanyaan, kadang ga langsung dijawab, kamu perlu menunggu. Kalau kamu beruntung, bisa langsung dijawab, kalo ga bisa menunggu 5 menitan atau lebih. Tapi ya ga usah di pantengin terus, setelah masukin pertanyaan, lanjutin aja aktifitasmu, nanti kalo di bales ada notifikasi.
  • Aplikasinya ga bisa kirim video, bisanya kirim gambar, karena dokternya akan meminta foto untuk melihat kondisi lebih jelas
  • Jika kondisinya serius, kamu masih tetep harus ketemu dokter di klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan diagnosa yang lebih akurat, apalagi jika keluhan kamu memerlukan tindakan.

Kesimpulan dan Saran


Jika kamu mengalami keluhan kesehatan, jangan ragu dan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Jaman sekarang, teknologi semakin canggih dan kamu bisa konsultasi dengan dokter lebih mudah secara online. Biayanya pun lebih murah.

Konsultasi dengan dokter secara online ini menurut saya lebih aman, dibanding kamu searching penyakit di Google dan mendapatkan hasil yang enggak-enggak alias bikin shock.

Memang lebih akuratnya datang langsung ke klinik atau rumah sakit, tapi kalau kamu orangnya malesan seperti saya, aplikasi dokter online seperti ini, sangat membantu. Silakan bisa dicoba!

Download Aplikasi Alodokter, silakan klik link berikut:

Alodokter for iOS

Alodokter for Android

Advertisements

Author: Aniatul Hidayah

A curious traveler and life-seeker who enjoys working from home as Search Engine Evaluator and Blogger. Please visit my Linkedin to know more about me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.