Cara Menggabungkan Akun Agoda Double Yang Pesan dari Grab Hotel

Belum lama ini, sekitar bulan Mei 2019, aplikasi Grab mulai meluncurkan fitur booking hotel bekerja sama dengan Agoda, Booking.com dan OYO.

Berhubung saya juga sedang hunting hotel dan memantau harga hotel untuk liburan ke Jepang pada musim semi 2020, saya pun mencoba booking melalui Grab Hotel.

Sebelumnya, saya juga sudah booking beberapa hotel melalui Aplikasi Agoda dan Booking.com secara langsung, karena penasaran dan mungkin harganya berbeda saya pun iseng mencoba fitur Grab Hotel.

Eh ternyata bener, harga hotel Agoda di Grab Hotel lebih murah. Sebagai contoh:

1). Booking di Aplikasi Agoda langsung

Hotel Sunroute Plaza Shinjuku yang saya pesan melalui Aplikasi Agoda secara langsung (padahal udah saya pantengin tiap hari buat nunggu harganya turun), mentok-mentok ada di kisaran harga Rp 9,320,257,- untuk 5 hari 4 malam.

2). Booking di Aplikasi Grab x Agoda Hotel

Sedangkan jika saya lihat di aplikasi Grab Hotel – Agoda, harganya lebih murah plus karena status member saya di Grab udah platinum, saya dapet tambahan diskon 10%, sehingga harga untuk kamar yang sama di Hotel Sunroute Plaza Shinjuku menjadi sekitar Rp 8,893,512, -. Lumayan kan turun 420rban.

Mengingat harga hotel selama musim semi suka naik drastis, bahkan bisa double. Saya akan berusaha untuk terus memantau saat saat harganya turun 🤣 Sebenarnya ada banyak hotel lain yang lebih murah, tahun 2017 saya stay di Asakusa, namun kali ini saya ingin stay di area yang lebih rame yaitu Shinjuku dan tentunya pengen yang deket banget sama stasiun Shinjuku. Resikonya, harganya mahal 😟

Advertisements

Oke balik lagi ke hasil booking di aplikasi Grab Hotel Agoda, ternyata begitu booking selesai, bookingan hotel saya yang lain tidak langsung muncul. Saya pun bertanya, lho kok ga langsung connect.

Saya pun check profile, nama, email dan nomor telp semuanya sama dengan existing akun saya di Agoda. Kok bisa? Padahal kalau saya buka booking.com melalui Grab Hotel, itu langsung ter-connect dengan akun Booking.com saya yang sudah ada.

Saya coba kontak email Agoda untuk merge dua akun tersebut agar lebih mudah mengatur bookingan saya. Ternyata kontak melalui email tidak bisa menyelesaikan masalah. Mereka menyarankan saya untuk langsung telpon saja.

Ternyata setelah ditelusuri lebih lanjut, saya baru paham, akun Agoda yang saya pesan melalui Grab Hotel adalah akun Agoda Telpon (login berdasarkan no telp), sedangkan akun Agoda saya yang sudah ada adalah akun Agoda Email (login berdasarkan email).

Akhirnya saya telpon Agoda Indonesia dan minta kedua akun tersebut untuk digabung.

Cara minta gabungkan dua akun Agoda yang double, Agoda Telpon dan Agoda Email:

1). Saya sarankan lebih baik langsung telpon Agoda Indonesia, sembari email juga boleh, kalo tertulis biasanya kan lebih jelas. Jadi nanti pas telpon mereka cuma verifikasi ini itu aja.

2). Cara melihat no telpon Agoda Indonesia agak ribet sih memang, Klik Help Center – Pilih topik pertanyaan terkait – Sampe muncul “Do you still need help? Show more options” – Klik show more options – Klik Call us

Advertisements

3). Atau mudahnya, inilah nomor telpon Agoda Indonesia (Customer Service):

+62 21 2561 7999

4). Saya coba telpon pas jam 8 pagi dan langsung ada yang angkat. Orangnya ramah dan cepat tanggap menurut saya. Setelah saya jelaskan permasalahan, mereka bilang akan verifikasi dengan cara telpon ke no hp yang tertera di akun. Begitu telpon ditutup, mereka langsung menelpon saya dengan nomor luar negeri +852 … (sepertinya kode nomor telpon Hong Kong).

5). Pada saat ditelpon itu juga, mereka langsung menggabungkan akun saya dan meminta saya untuk mengecek langsung apakah sudah tergabung atau belum. Tadaa, semua sudah di-merge dengan sempurna.

*Tambahan: Kalau kalian mau drop tanggal booking, misalnya booking dari tanggal 1-4, dan ingin drop 1-2, kadang ga bisa langsung melalui aplikasi (terjadi di akun saya), dan ini bisa diselesaikan dengan cara kontak email dan minta team Agoda untuk membantu drop tanggal tersebut. Biasanya mereka akan konfirm ke hotelnya dulu sebelum drop tanggal yang diminta.

Apakah kamu sudah pernah booking hotel melalui fitur Grab Hotel? Share pengalaman kamu di kolom komentar ya 🙂

Author: Aniatul Hidayah

A curious traveler and life-seeker who enjoys working from home as Search Engine Evaluator and Blogger. Please visit my Linkedin to know more about me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.