Cara Mengubah URL Website Menjadi Tanpa Post Date

Terkadang kita lupa untuk menentukan dan mengatur URL website dari awal, maksudnya dari awal mula kita membuat website.

Jika kamu menggunakan wordpress.com seperti saya, by default, tipe URL-nya adalah https://domain.com/postdate/judul-postingan (ada post date-nya).

Untuk kasus saya, semakin kesini, saya semakin menyadari terkadang pengen update postingan (termasuk memperbarui tanggal publish) tanpa harus mengubah URL.

Padahal kalo kita update tanggal publish postingan, tanggal ‘post date’ nya juga akan berubah. Alhasil, perlu redirect URL buat postingan yang kita ubah, dari URL lama ke URL baru.

Sebagai contoh URL sebelum di update adalah
https://domain.com/2019/9/21/judul-postingan
Kemudian setelah di update berubah menjadi
https://domain.com/2019/10/28/judul-postingan
Perhatikan tanggal post date nya, berubah bukan?

Lain halnya jika tipe URL (permalink) kita berupa
https://domain.com/judul-postingan (atau jenis permalink lain yang tanpa ‘post date’). Kita update pun URL-nya ga berubah, kecuali jika memang kita ingin mengubahnya.

Terus gimana kalo dari awal sudah menggunakan permalink by default (dengan post date) dan sekarang kamu ingin mengubah semua permalink menjadi URL yang tidak ada ‘post date’ nya? Di redirect postingannya satu per satu? capek dong.

Advertisements

Eits, tenaaang, cukup dengan mengaktifkan satu plugin, masalah redirect ber-post date menjadi tanpa post date menjadi semakin mudah.

Cara ini juga berlaku bagi pengguna wordpress.com yang upgrade dari personal atau premium plan ke business plan. Karena untuk personal dan premium plan di wordpress.com by default URL-nya memiliki post date. Jika kamu ingin mengubahnya menjadi tanpa post date, silakan gunakan cara berikut.

Caranya:

1). Install plugin ‘Post Date Change Redirection‘ dan aktifkan

2). Buka dashboard wordpress admin kamu, https://domainkamu.com/wp-admin/

3). Pilih Tools –> Permalink dan ubah tipe URL nya mnjadi https://domain.com/sample-post/ atau jenis permalink lain yang tanpa post date

4). Tadaaa, semua url postingan kamu langsung ke redirect ke URL baru yang tidak ada post date nya. Mudah bukan?

Kalo kamu perlu melakukan redirect URL lama ke URL yang baru, kamu juga bisa menggunakan plugin redirection By John Godley.

Jika kamu memiliki saran atau cara lain, silakan share di kolom komentar berikut.

Advertisements

Author: Aniatul Hidayah

A curious traveler and life-seeker who enjoys working from home as Search Engine Evaluator and Blogger. Please visit my Linkedin to know more about me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.