Dari $0.25 hingga $13 per Gambar di Shutterstock

Bagaimana Shutterstock menjadi sangat menjanjikan buat para Work from home enthusiast? Berapa bayaran untuk tiap vector yang diupload? Apa saja syaratnya buat upload vector yang dibuat? Apa saja syarat menjadi kontributor Shutterstock?Saya sudah berhasil menjadi kontributor tapi saya males lanjut karena tiap mau upload vector pasti gagal entah karena apa saya tidak paham. Pertanyaan ini yang tentunya banyak dipertanyakan bagi siapa saja masih enggan untuk memulai dan menggeluti menjadi kontributor Shutterstock.

Dalam bidang desain shutterstock terbukti memberikan penghasilan yang bisa diandalkan, butuh komitmen dan konsisten si desainer (karena aku masih sangat sulit untuk melakukan ini hehe ketubruk sama kerjaan online yang lain jadi ini sedikit tidak terawat), dan bisa digunakan sebagai passive income yang menjanjikan dikemudian hari ketika desainer sudah tidak produktif lagi.

Berapa sih bayaran per vector di Shutterstock?

Untuk pemula Shutterstock memberikan bayaran $0.25 per vector yang sudah kita upload. Lha kok kecil banget? Tenaaaang, $0.25 adalah bayaran perdownload dari para pembeli. Dan perlu dicatat bahwa pembeli gambar di Shutterstock itu dari seluruh dunia, jadi pasar yang luas ini adalah sebagai pengali jumlah downloadan gambar vector yang sudah kita upload. Sebagai contoh jika dalam satu bulan satu vector yang kita miliki berhasil di download/dibeli oleh 20 kali, maka penghasilan selama sebulan untuk satu gambar adalah $0.25×20 = $5/gambar. Jika kita memiliki 50 gambar yang dibeli sebanyak 20kali maka penghasilannya adalah $0.25x20x50=$250 / bulan.

Advertisements
bayaran shutterstock

Gambar  payout di Shutterstock

Tabel diatas adalah Schedule of earning dari Shutterstock. Lifetime Earning as a Contributor adalah tarif yang akan kita terima berdasarkan unduhan berlangganan dan berdasarkan permintaan tergantung pada Lifetime Earning kita – berapa banyak yang telah kita peroleh selama sebagai kontributor. Disini ada 4 tingkatan, jika pemula yang tadi diatas udah saya sebutin dengan penghasilan dibawah $500 maka subcription atau harga perdownload gambar vector adalah $0.25, untuk yang sudah memperolah $500-$3000 adalah $0.33 dan seterusnya.

On Demand

On Demand atau sesuai permintaan adalah bayaran atau persentase yang kita peroleh dari pembelian paket yang disediakan oleh Shutterstock. Paket dengan batasan ukuran akan menghasilkan mulai dari $ .81 – $ 1.24 dan paket tanpa batasan ukuran akan menghasilkan $ 1.88 – $ 2.85 per unduhan dengan lisensi Standar, tergantung pada tingkat Lifetime Earning kita. Enhanced licences, unduhan akan menghasilkan pendapatan 20-30% dari harga pembelian yang diterima oleh Shutterstock

Enhanced Licences

Dari sini memungkinkan pembeli memberikan hak tambahan untuk gambar yang diunduh untuk penggunaan komersial merchandising dan pemirsa tinggi. Lisensi ini ditawarkan kepada pelanggan melalui paket gambar dan produk khusus. Penghasilan Anda mulai dari 20% dari harga jual dan naik menjadi 25%, 28%, dan 30% berdasarkan tingkat Lifetime earning kita.

Advertisements

Pengalaman Pribadi : 

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya masih memperolah subcription sebesar $0.25 per gambar vector, pernah memperoleh percikan persenan dari pembelian paket pembeli dan mendapat bayaran dari enhanced licenses. Berikut screenshootnya :

subcription

Gambar pembelian gambar atau subcription

on demand

Gambar pemberian persentase On Demand pelanggan

enhanced

Gambar pemberian honor Enhanced Licences dari satu gambar vector

Jadi, meskipun pemberian honor per gambar atau subscription per gambar terbilang kecil tapi pasar shutterstock yang luas akan menjadi berlipat ketika gambar yang kita buat tepat sasaran banyak pembeli di seluruh dunia. Selain itu kita masih mendapatkan persenan dari pembelian paket dan kenaikan lisensi gambar kita.

Selamat mencoba šŸ™‚


Penulis: Yunita Khumaeroh
Editor: Aniatul Hidayah

Author: Yunita Khumaeroh

i am graphic designer

2 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.