Titip Koper di Changi Airport, 6 Hal Yang Perlu Kamu Tahu

Seperti Airport pada umumnya, Changi Airport juga memiliki layanan penitipan barang/koper/bagasi yang tersebar di setiap terminal. Layanan ini bisa digunakan oleh wisatawan agar lebih leluasa mengeksplorasi wisata di sekitar airport.

Termasuk saya yang pada saat itu menggunakan jam penerbangan pagi sedangkan check in hotel masih lama, tentu membuat saya berpikir untuk memanfaatkan ‘waktu tunggu’ yang ada agar lebih maksimal. Salah satunya dengan keliling wisata terdekat Changi yaitu Jewel Mall dan air terjun indoor yang ada di dalamnya.

Berikut adalah pengalaman saya menggunakan service penitipan barang/koper/bagasi di Changi Airport Terminal 2.

1). Kenapa Kamu Perlu Menitipkan Barang/Koper/Bagasi di Changi Airport?


Jika kamu memiliki waktu yang cukup lama di Changi baik itu karena transit atau pun jam penerbangan pagi dan ingin jalan-jalan tanpa perlu rempong bawa koper atau ransel kesana kemari, maka jasa penitipan barang ini sangat bermanfaat buat kamu.

Sebagai contoh, waktu itu saya menggunakan flight pagi Singapore Airlines dimana jam 8 pagi saya sudah sampai Changi. Padahal check in hotel yang sudah dibooking itu baru boleh jam 3 sore. Masik banyak waktu dong dari jam 8 pagi – 3 sore.

Pada saat menyusun itinerary, waktu ‘tunggu’ ini saya gunakan untuk explore Jewel Mall, Air terjun indoor ‘The Rain Vortex’ dan nyari makan siang.

Air Terjun Jewel Mall yang saya foto saat ada skytrain lewat

Saya dan temen saya sama-sama bawa koper kecil. Dengan menitipkan koper, kita jadi lebih leluasa untuk mengeksplorasi Jewel Mall, menikmati air terjun dari berbagai sisi dan berbagai lantai. Serta menikmati makan siang di Subway sandwich.

Subway Sandwich di Singapore termasuk makanan halal yang perlu kamu coba. Menurut saya, rasanya enak dan karena saya memang suka sandwich, klop dah 🤣 Waktu itu saya beli paket sandwich harga 10 SGD yang berisi 1 Italian BMT Sandwich (boleh milih), softdrink dan 2 cookies ukuran besar. Kombinasi daging, sayuran, onion, tomat, mentimun di balut dengan roti bun. Duh enaaaakkk, jadi pengen lagi 😭

Advertisements

2). Berapa Biaya Penitipan Barang/Koper/Bagasi di Changi Airport? Dan Berapa Lama?


Layanan penitipan barang/koper/bagasi di Changi Airport Singapore dikelola oleh Smarte Carte, available 24 jam setiap hari. Rincian biaya untuk penitipan barang adalah sebagai berikut:

Foto daftar biaya penitipan barang/koper/bagasi di Changi Airport Singapore yang tertera di kaca depan pintu masuk

Note: Harga yang tertera adalah harga per 24 jam.

Rates 
Per 24 hours (inclusive of GST)

  • Loose items: S$5.00
  • Small items (below 10kg): S$10.00
  • Big/Odd items (above 10kg): S$15.00
  • Extra large-sized items: S$18.00

3). Metode Pembayaran Apa Saja Yang Digunakan untuk Menitipkan Barang/Koper/Bagasi di Changi Airport?


Waktu itu saya menggunakan pembayaran cash, namun mereka juga menerima berbagai alat pembayaran lain seperi kartu kredit visa, mastercard, union pay, Alipay dan lain lain seperti yang tertera pada gambar dibawah ini:

3). Dimana Sebaiknya Kamu Menitipkan Barang/Koper/Bagasi?


Jawabannya tergantung kemana kamu akan pergi. Saran saya pilihlah yang terdekat. Kalau saya waktu itu karena mau jalan-jalan ke Jewel Mall, saya putuskan untuk menitipkan barang di dekat pintu keluar Terminal 2 Changi.

Alasannya, karena lokasi itu yang terdekat setelah turun dari pesawat. Sebenarnya bisa juga menitipkan di area Jewel Mall, cuma dari Terminal 2 ke Jewel Mall itu kan jalan sekitar 10-15 menit dan beberapa kali naik turun lift atau eskalator. Jadi yaudah mending dititipkan di tempat penitipan terdekat.

Lokasi penitipannya, begitu keluar dari Terminal 2, jalan ke arah kiri, ampe mentok, disitu ada area toilet dan di depannya adalah area penitipan (dekat eskalator).

Alasan lainnya adalah waktu itu saya juga menggunakan jasa airport transfer, jadi saya pikir biar titik temunya jelas, yaudah ketemu di pintu keluar Terminal 2 aja. (Opsi lainnya, bawa kopernya ke area Jewel Mall dan titipkan disana, nanti minta driver airport transfernya jempur di lobby Jewel Mall).

Untuk list lokasi penitipan koper lainnya bisa dilihat di poin 6.

Advertisements

4). Apakah Antriannya Panjang untuk Menitipkan Barang/Koper/Bagasi di Changi Airport?


Untuk pengalaman saya menggunakan jasa penitipan barang/koper/bagasi di Changi Airport Terminal 2, memang antri namun tidak panjang. Waktu itu ada sekitar 3-4 orang di depan saya.

Mungkin situasional juga ya, kadang bisa antri panjang dan kadang tidak antri. Tergantung waktu dan padat tidaknya wisatawan di area airport. Waktu saya menitipkan koper masih pagi soalnya, jam 8:30.

5). Bagaimana Jika Kamu Lupa Lokasi Penitipan Barang/Koper/Bagasi?


Bukti penitipannya jangan sampai hilang, jadi nanti kalau seandainya kamu nyasar, kamu bisa menunjukannya ke petugas informasi saat kamu ingin bertanya bagaimana caranya menuju lokasi tersebut.

Nah inilah yang saya alami, saya tidak lupa kalau saya menitipkan koper saya di penitipan yang dekat pintu keluar Terminal 2. Namun yang saya lupa rute untuk kembali kesana ahahahha.

Namanya juga baru pertama kali, dan traveling itu ga asik kalo ga ada yang namanya nyasar 🤣🤣🤣

Ceritanya begini, saya dari Terminal 2 menuju Jewel Mall lewat jembatan yang deket tower bandara. Setelah keliling-keliling Jewel Mall dan air terjun, saya dan temen saya memutuskan untuk membeli ez-link card yang lokasinya di area subway Bandara Changi.

Advertisements

Ternyata pada saat keluar dari Jewel Mall, kita keluar dengan jembatan yang berbeda, otomatis areanya ga sama. Setelah muter-muter nyari counter ez-link dan membelinya, kami memutuskan untuk kembali ke Pintu keluar Terminal 2.

Perasaan kita udah muter-muter ngikutin papan petunjuk. Tapi kita kaya cuma muter-muter dan kembali ke lokasi yang sama. Gitu terus ga kelar-kelar.

Udah beberapa kali nanya petugas, tapi begitu kita ikuti arahannya, endingnya selalu sama, lokasi itu lagi itu lagi. Sampai akhirnya kita nanya petugas cewek barulah disitu kita sadar kesalahan kita dimana.

Ternyata, kita ada di gedung yang berbeda kalau ga salah nyasarnya ampe Terminal 3. Pantesan aja naik turun tangga ampe jadi nenek kakek juga ga bakal ketemu, orang beda gedung hahahhaa

Orang-orang yang kita tanya sebelumnya ga bilang kita ada di beda gedung, cuma disuruh naik turun kanan kiri. Jadi ya saya dan temen saya cuma bingung sambil ketawa-ketawa karena nyasar. Setelah tahu kita salah gedung, baru deh lewat area deket subway lagi buat kembali ke titik semula.

6). Selain Terminal 2, Dimana Saja Lokasi Penitipan Barang/Koper/Bagasi di Changi Airport?


Lokasi penitipan Barang/Koper/Bagasi (baggage storage) di Changi Airport tersebar dan ada di setiap terminal. Berikut lokasi Baggage storage service di Changi Airport:

Terminal 1:
Transit, Level 2, Departure Transit Hall Central (next to Cocoa & Co.)

Terminal 2:
Public, Level 1, Arrival Hall North (next to Swensens)
Tel: +65 6214 1683

Transit, Level 2, Departure Transit Hall (behind The Fashion Gallery)
Tel: +65 6214 0448

Terminal 3:
Public, Level 1 (near the Train to City)
Tel: +65 6242 8936

Transit, Level 2, Departure Transit Hall (behind Maison De Chronus)
Tel: +65 6214 0672

Terminal 4:

Public, Level 1 (near the Terminal 4 – Terminal 2 Shuttle Bus)

Transit, Level 2M, Departure Transit Hall (next to Cheers)

Jewel Mall:
Level 1 (next to GST refund counter)

Advertisements

Author: Aniatul Hidayah

A curious traveler and life-seeker who enjoys working from home as Search Engine Evaluator and Blogger. Please visit my Linkedin to know more about me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.